PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Anies Presiden 2024 Diusung Parpol Apa? Itu Pertanyaan Bodoh

          Anies Presiden 2024 Diusung Parpol Apa? Itu Pertanyaan Bodoh
Anies Presiden 2024 Diusung Parpol Apa? Itu Pertanyaan Bodoh
BENTENGSUMBAR.COM - Deklarasi mendukung Anies Baswedan untuk Presiden 2024 makin meluas. Di berbagai daerah, deklarasi dukungan untuk Anies terus muncul dari masyarakat. 

Kalau momentum dukungan ini makin membesar, pasti partai politik akan langsung deklarasi Anies jadi capres. Jadi kalau ada yang tanya, Anies diusung parpol apa? Ya itu pertanyaan bodoh.

Mengapa demikian, sebab Anies saat ini menjadi salah satu magnet bagi calon untuk Pilpres 2024. Parpol akan melihat potensi lumbung suara pada Anies.

Parpol akan deklarasi Anies presiden 2024


Pengamat politik Tony Rosyid mengatakan jika gelombang dukungan kepada Anies Baswedan semakin membesar, ini akan memancing parpol-parpol untuk segera ambil langkah, yaitu ikut deklarasikan Anies.

“Mungkin caranya lebih elegan, yaitu dengan acara konvensi. Konvensi parpol itu formalitas. Enggak Golkar, nggak Nasdem, nggak Demokrat, nggak PKB, nggak PAN, nggak PPP. Masing-masing sudah punya kecenderungan pilihan. Supaya masuknya lebih halus, diadakanlah konvensi,” kata Tony dalam rilisnya, Kamis 11 November 2021.

Bagi parpol, dukungan yang besar dari rakyat kepada Anies jelas akan menguntungkan mereka. Jika parpol mendukung Anies, maka suara partai akan berpengaruh. Sebab sesuai efek ekor jas (coattail effect), siapapun partai pengusungnya, relawan Anies akan mendukung parpol yang usung Anies.

Parpol bakal tertarik dengan Anies, apalagi pria yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta itu punya nilai plus elektabilitas, sebuah tolak ukur yang kerap jadi standar parpol dalam mengusung jagoannya.

“Kalau elektabilitas Anies tinggi, maka partai akan mendekat. Itu otomatis. Rumusnya, partai ingin menang. Maka, partai-partai hanya akan mencalonkan tokoh yang diyakini berpotensi menang. Ukurannya? Elektabilitas!

Ini berlaku untuk semua tokoh, juga untuk semua partai. Semua punya rumus dan standar yang sama. Dukung yang akan menang,” ujarnya.

Banjir dukungan


Umumnya para pendukung Anies yakin bahwa Anies layak jadi the next presiden. Ini nampak dari antusiasme mereka di berbagai daerah yang mendeklarasikan Anies. Sudah belasan daerah di Indonesia deklarasi Anies. Hampir tiap minggu.

“Menjadi pemimpin, termasuk presiden, itu panggilan rakyat. Kalau rakyat menginginkan, tidak boleh ada yang menolaknya. Dalam konteks ini, niat mesti diluruskan. Ada juga yang nanya: diusung partai apa? Ini pertanyaan bodoh,” ujar Tony.

Sejak deklarasi, Anies kabarnya juga kebanjiran tamu. Mereka berasal dari berbagai daerah yang ngantri ingin silaturahmi. Silaturahmi itu bahasa sosial. Bahasa politiknya, ingin menyatakan dukungan kepada Anies untuk nyapres.

Mereka adalah para ulama, LSM, ormas, tokoh-tokoh daerah, dan komunitas-komunitas yang ingin pertama, minta kejelasan bahwa Anies betul-betul siap untuk nyapres. Kedua, ingin diketahui dan mendapatkan pengakuan sebagai relawannya Anies. (Hops)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »