PILIHAN REDAKSI

Perbedaan Jadikan Kekuatan, Ansor Pasbar Gelar Seminar Nasional Moderasi Beragama

BENTENGSUMBAR.COM - Di tengah lesunya gerakan organisasi kepemudaan Islam di Kabupaten Pasaman Barat, Gerakan Pemuda Ansor tern...

Advertorial

Dosen Telkom University Kembangkan Keterampilan Presentasi Bisnis Pelaku UMKM Jawa Barat

          Dosen Telkom University Kembangkan Keterampilan Presentasi Bisnis Pelaku UMKM Jawa Barat
BENTENGSUMBAR.COM -Guna mendukung pengembangan kemampuan para pelaku UMKM Jawa Barat dalam mempresentasikan bisnis mereka dihadapan calon pembeli maupun investor, dosen-dosen prodi Digital Public Relations bekerja sama dengan pelaku UMKM Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Keterampilan Public Speaking dalam Presentasi Bisnis secara online pada Sabtu, 6 November 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi dari dosen-dosen Prodi Digital Public Relations Anisa Diniati, M.I.Kom., Dr. Sri Dewi Setiawati, M.Si, dan Moch Armien Syifaa, M.I.Kom. 

Dalam sambutannya, Anisa selaku Ketua Pengabdi Kepada Masyarakat menyampaikan bahwa pandemi ini bukan penghalang bagi kita untuk menimba ilmu dan pengalaman dari para narasumber yang luar biasa.

“Mudah-mudahan materi yang akan disampaikan oleh Bu Dewi juga pak Armien bisa membantu mengembangkan keterampilan public speaking dan presentasi bisnis, mulai dari pengenalan atau dasar-dasar berbicara di depan umum, tips dan trik dalam presentasi bisnis, hingga mempraktikan ilmu yang telah kami bagikan. Dengan adanya pendampingan ini, besar harapan kami para peserta  akan dapat memiliki bekal untuk lebih aktif dalam memperkenalkan produk olahannya kepada target konsumen, sehingga produk dihasilkan dapat lebih dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat luas lainnya,” ujar Anisa dalam sambutannya.

Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro Rikrik Sukmanurrakhmi, S.H juga memberikan semangat dan harapannya kepada para peserta agar webinar kali ini bisa membantu mengatasi permasalahan mereka saat mempresentasikan produk dihadapan calon pembeli maupun investor. 

“Para pelaku usaha mikro ini, kadang mereka belum memikirkan bagaimana mempromosikan atau memasarkan produknya secara langsung. Di pelatihan ini saya harap para pelaku usaha mendapatkan ilmu bagaimana caranya agar produksinya itu bisa dipromosikan agar lebih menarik lagi sehingga lebih banyak customer yang teratrik dan mereka bisa lebih mengembangkan modal usaha nantinya,” kata Rikrik.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini menghadirkan dua pembicara dari dosen prodi Digital Public Relations, yakni Dr. Sri Dewi Setiawati, M.Si dan Moch. Armien Syifaa Sutarjo, S.S., M.I.Kom.

Dalam pemaparannya, Sri Dewi mengatakan bahwa untuk menjadi UMKM juara diperluakan kemampuan public speaking yang baik.

“Public speaking bukan hanya masalah bicara di depan umum, public speaking adalah masalah membangun rasa percaya diri, dan rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM dalam memperkenalkan produknya untuk dapat dikenal baik oleh konsumen ataupun investor,” ujar Dewi.

Moch. Armien selaku pemateri juga memberikan masukkan kepada para pelaku UMKM agar dapat menerapkan teknik komunikasi bisnis yang baik agar produk mereka lebih mudah dikenal oleh khalayak luas.

“Pelajarilah terlebih dahulu berbagai hal tentang calon rekan bisnis Anda, agar komunikasi berjalan lancar dan sukses. Semakin banyak kesamaan dan shared knowledge di antara keduanya, maka akan semakin efektif komunikasi bisnis terjadi,” ujar Armien.

Para UMKM yang hadir tampak sangat antusias dengan materi yang diberikan oleh kedua narasumber. Hal ini terlihat dari banyaknya partisipan yang aktif bertanya dan berdiskusi terkait permasalahan yang selama ini dihadapi Ketika mempresentasikan bisnis mereka dihadapan calon konsumen. Para peserta dan narasumber saling bertukar pikiran terkait usaha yang sedang mereka jalani saat ini. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...