PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Gubernur Dorong Perantau Minang Jadi Duta Sumbar

          Gubernur Dorong Perantau Minang Jadi Duta Sumbar
Gubernur Dorong Perantau Minang Jadi Duta Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mendorong perantau Minang di berbagai daerah untuk menjadi duta perpanjangan tangan daerah dalam merintis kerjasama guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Peran perantau sangat besar untuk membantu pembangunan di kampung halaman. Namun selain itu, kita juga berharap para perantau juga bisa menjadi duta daerah dalam memperkenalkan potensi pariwisata di kampung halaman kepada masyarakat diperantauan, sekaligus memulai upaya kerjasama dua daerah," katanya.

Ia mengatakan itu saat memberi sambutan pada acara Musyawarah Besar (Mubes) yang ke IV IKMR Provinsi Riau, dengan tema "Memperkokoh eksistensi bersinergi melawan pandemi, membangkitkan ekonomi membangun negeri". Diselenggarakan di Prime Part Hotel Pekanbaru, Sabtu, 13 November 2021.

Menurutnya potensi wisata Sumbar menjadi salah satu keunggulan daerah yang bisa dijual pada wisatawan domestik di berbagai provinsi di Indonesia. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, maka perekonomian masyarakat di Sumbar akan bergerak.

Kerjasama antar provinsi juga bisa dimulai dan diinisiasi oleh perantau yagn pada akhirnya akan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah. "Kita berharap peran ini juga bisa diemban oleh perantau Minang," katanya.

Saat ini, jelasnya, Provinsi Sumbar dan Riau telah menjalin kerjasama di bidang pertanian, pangan dan pengamanan perbatasan. Perantau juga bisa berperan dalam kerangka kerjasama tersebut.

Mahyeldi menambahkan pasca reformasi Sumbar langsung melaksanakan gerakan kembali ke Nagari. Salah satu tujuannya adalah untuk memaksimalkan potensi dibidang sosial budaya dan juga potensi peran serta perantau dalam mensukseskan pembangunan daerah.

Ikatan emosional perantau dengan nagari kampung halamannya sangat erat sehingga semua kegiatan yang dilakukan akan selalu mengikutsertakan perantau, termasuk untuk pembangunan. "Kita sangat berterima kasih untuk peran serta perantau selama ini untuk membantu pembangunan di kampung halaman," katanya. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDA PROV SUMBAR
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »