PILIHAN REDAKSI

Ilmuwan Kaget Saat Nabi Muhammad Ungkap Sendi Manusia Berjumlah 360

BENTENGSUMBAR.COM - Pengetahun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang mengungkap jumlah sendi manusia sebanyak 360...

Advertorial

Kesamaan Makanan Kesukaan Puan Maharani dan Bung Karno, Ada Tempe Sampai Sayur Asem

          Kesamaan Makanan Kesukaan Puan Maharani dan Bung Karno, Ada Tempe Sampai Sayur Asem
Kesamaan Makanan Kesukaan Puan Maharani dan Bung Karno, Ada Tempe Sampai Sayur Asem
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani pernah mengatakan kalau kebhinekaan sesungguhnya bisa ditemukan di mana saja, termasuk lewat makanan daerah. Dalam beberapa kesempatan, Puan kerap berkuliner ria ketika mengunjungi kota-kota tertentu. Dia cenderung tidak pilah-pilah untuk urusan makanan, baik itu makanan bintang lima hingga kaki lima sekalipun. Semuanya dilahap, asal enak dan perut pun kenyang. 

Baik Puan Maharani atau sang kakek, Presiden Soekarno, keduanya ternyata memiliki kesamaan makanan kesukaan. Siapa sangka jika mereka satu selera dalam urusan kuliner. Apa saja kesamaan makanan favorit keduanya? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Kue Pelite 

Kue Pelite merupakan salah satu makanan kesukaan Presiden Soekarno. Dia kerap makan makanan ini ketika diasingkan ke Pulau Bangka, yang tepatnya berada di Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 1949 silam.

Pada waktu itu, Bung Karno, biasa ia disapa Bung Karno ini diasingkan bersama Mohammad Hatta, Haji Agus Salim, dan Mohammad Roem.

Saat berada di tengah pengasingan dan pergolakan politik di Indonesia, Soekarno justru malah banyak bersosialisasi dengan masyarakat Muntok.

Ketika itu dia sangat menyukai Kue Pelite yang mana adalah kue khas Bangka Barat. Kuenya sendiri terbuat dari tepung beras, santan, dan gula putih. Agar bisa dinikmati, adonan itu lalu dikukus dalam wadah yang dibentuk dari daun pandan. 

Bagar Hiu

Berada di tempat pengasingan sepertinya membuat Bung Karno banyak mencicipi makanan khas sekitar. Selain Kue Pelite khas Bangka, dia juga menyukai Bagar Hiu, makanan khas Bengkulu. 

Bung Karno sering mencicipinya saat pengasingan di Bengkulu, tepatnya pada 1938 – 1942.

Buat yang belum tahu, Bagar Hiu adalah salah satu kuliner khas Bengkulu yang sudah langka. Meski begitu, makanan yang satu ini cukup populer dan banyak ditemukan ketika bulan Ramadhan tiba.

Jika dilihat-lihat, Bagar Hiu sekilas mirip dengan Rendang khas Padang. Namun, yang membedakan di antara keduanya adalah Bagar Hiu tidak dimasak bersama santan, akan tetapi menggunakan kelapa yang disangrai. Jika Rendang memakai daging sapi sebagai bahan utama, Bagar Hiu menggunakan ikan hiu. 

Sayur Asem

Perlu kamu ketahui, kalau Bung Karno juga menyukai makanan lain. Apakah itu? Dia menyukai Sayur Asem. Lebih lengkap lagi jika dinikmati bersama sambal terasi, khususnya ketika disantap bersama sepiring nasi panas.

Nah, baik Bung Karno dan Puan Maharani, keduanya sama-sama menyukai makanan yang sederhana seperti Sayur Asem ini. Kakek dan cucu rupanya memiliki selera yang sama, ya.

Sayur Lodeh 

Selain Sayur Asem, Fatmawati pernah menyebut kalau Bung Karno juga menyukai menu sayur sederhana lainnya yakni Sayur Lodeh. Dia begitu menyukai Sayur Lodeh yang dibuat menggunakan rebung. Hal yang sama juga diungkap dalam buku berjudul "Soekarno Poenja Tjerita" yang ditulis oleh @sejarahRI, di buku tersebut tertulis jika Bung Karno sangat menyukai Sayur Lodeh.

Tak hanya itu saja, Bung Karno juga menyukai beberapa makanan khas sederhana, seperti Nasi Jagung, Rawon, Mie Goreng, sampai Ayam Goreng Mentega.

Tempe

Tempe memang sudah terkenal sebagai salah satu makanan favorit Bung Karno dan sepertinya semua sudah mengetahui hal ini. Sang istri, Fatmawati dalam bukunya yang berjudul "Fatmawati Catatan Kecil Bersama Bung Karno" pernah mengungkapkan hal ini.

Sajian tempe yang dia sukai bukan hanya sekadar tempe biasa saja, tapi juga Tempe Bacem. Hal ini dijelaskan pula oleh istri Bung Karno yang lain, Haryati dalam buku "Soekarno The Hidden Story" yang terbit pada 2011 lalu.

Beberapa waktu lalu, Puan Maharani bercerita Kepada Deddy Corbuzier saat sedang berbincang di kanal YouTube Deddy Corbuzier, bahwa dia juga sangat menyukai tempe seperti Bung Karno. Puan mengatakan kalau dia makan tempe tidak nasi, tapi langsung dimakan saja setelah Digoreng. Bahkan Puan mengaku bisa memakannya setiap hari loh. 

Pais Ikan

Selain Bagar Hiu, hidangan ikan yang disukai Bung Karno yang lain adalah Pais Ikan, yang rupanya masih merupakan makanan khas Bengkulu. Pada umumnya, Pais Ikan mirip dengan makanan khas Sunda yakni Pepes Ikan.

Hanya saja yang membedakannya adalah Pais Ikan khas Bengkulu menggunakan ikan gebu dan ikan buli sebagai bahan dasarnya. 

Adapun makanan daerah lainnya yang disukai Bung Karno adalah Kerak Telor, Papeda, dan lain sebagainya. Sementara itu, cucunya Puan Maharani sangat menyukai Pisang Goreng yang dikonsumsi bersam teh manis hangat.

Laporan: Mela
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...