Simulasi Pasangan Capres-Cawapres Y-Publica Prabowo-Puan Unggul Tipis Di Atas Ganjar-Airlangga

BENTENGSUMBAR.COM - Peta elektoral menuju gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 semakin dinamis.

Kelompok-kelompok relawan mulai menyatakan diri mendukung para tokoh yang digadang-gadang bakal maju sebagai Calon Presiden (Capres).

Sementara itu, siapa yang bakal mendampingi sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) masih tanda tanya.

Lembaga Survei Y-Publica melakukan simulasi terhadap pasangan Capres-Cawapres, dengan memasangkan 5 nama capres paling kuat dengan 5 tokoh yang layak menjadi cawapres.

Kelima capres adalah Ganjar Pranowo, Prabowo, Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno.

Sedangkan kelima Cawapres adalah Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti Yudhoyono, Erick Thohir, dan Gatot Nurmantyo. 

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan paling diunggulkan oleh publik, bersaing ketat dengan pasangan Ganjar-Airlangga.

"Dalam simulasi terhadap pasangan capres-cawapres, Prabowo-Puan unggul tipis terhadap Ganjar-Airlangga," kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam press release di Jakarta, Sabtu, 13 November 2021.

Prabowo-Puan didukung oleh 85,6 persen, sedangkan yang tidak mendukung 12,1 persen dan sisanya tidak tahu/tidak jawab 2,3 persen.

Pasangan Ganjar-Airlangga didukung oleh 84,1 persen, tidak mendukung 11,2 persen, dan tidak tahu/tidak jawab 4,7 persen.

Menurut Rudi, dukungan kuat terhadap Prabowo-Puan tidak mengejutkan, mengingat sudah cukup lama digaungkan oleh berbagai pihak.

Prabowo-Puan merepresentasikan dua kekuatan partai politik terbesar di pemerintahan, yaitu PDI Perjuangan dan Gerindra.

Yang mengejutkan adalah pasangan Ganjar-Airlangga yang bisa mengimbangi Prabowo-Puan. 

Ganjar yang merupakan kader PDI Perjuangan selama ini mengantongi elektabilitas terkuat sebagai capres, tetapi PDI Perjuangan lebih menjagokan Puan.

"Meskipun tanpa dukungan PDI Perjuangan, Ganjar tetap paling unggul, lebih-lebih jika dipasangkan dengan Airlangga," tandas Rudi.

Meskipun elektabilitas Airlangga juga rendah, tetapi seperti halnya Puan yang mewakili trah Soekarno di PDI Perjuangan, Airlangga merupakan ketua umum Golkar.

Pasangan capres-cawapres lainnya yang paling mendapat dukungan publik adalah Prabowo-Airlangga (68,3 persen), Ganjar-AHY (58,3 persen), Anies-AHY (53,8 persen), dan Anies-Gatot (51,8 persen). Sedangkan pasangan sisanya mendapat dukungan kurang dari 50 persen.

Sementara itu, elektabilitas Ganjar naik tipis dari survei sebelumnya pada Mei 2021 sebesar 20,2 persen menjadi 21,1 persen. 

Prabowo membayangi dengan elektabilitas 17,0 persen, disusul oleh RK (12,5 persen), Anies (8,0 persen), dan Sandi (7,5 persen). Berikutnya AHY (4,5 persen), Tri Rismaharini (4,3 persen), dan Erick (4,0 persen).

Lalu Giring Ganesha (2,2 persen), Khofifah Indar Parawansa (2,0 persen), Puan (1,5 persen), dan Airlangga (1,3 persen). Ada pula Mahfud (1,2 persen), Gatot (1,1 persen), dan Andika Perkasa (1,0 persen).

"Menguatnya nama Andika berbarengan dengan terpilihnya sebagai Panglima TNI," pungkas Rudi.

Nama-nama lain masih berada di bawah 1 persen, sedangkan sisanya tidak tahu/tidak jawab sebanyak 10,0 persen.

Survei Y-Publica dilakukan pada 1-7 November 2021 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Data diambil melalui wawancara tatap muka terhadap responden yang dipilih secara multistage random sampling. Margin of error ±2,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen. (RM.ID)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »