Total Rp 10 Juta Lebih, Pemko Berikan Penghargaan Kepada 7 Orang Anak Sawahlunto Yang Diterima di PSDKU UNP

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto memberikan penghargaan (reward) kepada 7 orang anak Sawahlunto yang diterima di Program Studi Di luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP). 

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Irmayulis, di Sawahlunto, Kamis  11 November 2021 menjelaskan bahwa penghargaan itu diberikan sebesar Rp 1.500.000,-/orang.

Dilaporkan Irmayulis, total jumlah penghargaan yang diberikan yakni sebesar Rp 10.500.000,-. 

Anak Sawahlunto yang diterima di PSDKU UNP yang mengajukan berkas untuk mendapatkan reward ini diatur dengan  Perwako dan Surat Edaran dari Wali Kota Sawahlunto.

"Ini penghargaan untuk anak - anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi, jadi hanya diberikan sekali saat masuk kuliah ini saja. Namun nanti anak - anak ini juga berpeluang memperoleh penghargaan selanjutnya dari Pemko kalau mereka mendapatkan nilai IPK sesuai ketentuan yang berlaku," kata Irmayulis. 

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril, menyebut hal ini sejalan  dengan program pemberian penghargaan kepada anak Sawahlunto yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dengan Akreditasi A dan B. Dimana untuk keseluruhannya pada 2021 ini, penghargaan itu diberikan kepada 293 orang dengan jumlah total anggaran yakni Rp 588 juta lebih. 

Pemberian penghargaan berupa beasiswa untuk anak Sawahlunto yang diterima di PSDKU UNP, disampaikan Wali Kota Deri Asta merupakan salah satu upaya Pemko mendukung pertumbuhan kampus pertama di Sawahlunto itu. 

"Adanya Perguruan Tinggi di Sawahlunto ini sudah kita tunggu dan perjuangkan sejak lama. Alhamdulillah sekarang sudah ada dari UNP ini meskipun statusnya masih PSDKU namun pak Rektor sudah menyatakan kualitas PSDKU tidak kalah dengan kampus utama," sebut Wali Kota Deri Asta. 

Pemko Sawahlunto, menurut Wali Kota tentu tidak menyia - nyiakan kesempatan adanya PSDKU UNP ini. Maka itu, salah satu upaya mendukung pertumbuhan PSDKU UNP dilakukan Pemko dengan memberikan beasiswa kepada anak Sawahlunto yang diterima di sana.

"Dalam masa awal untuk pembangunan kampus PSDKU UNP di Sawahlunto, Pemko telah menghibahkan lahan seluas 5 hektar ditambah bangunan sejumlah 3 ruangan di Desa Kolok Mudiak Kecamatan Barangin. Kemudian sementara menunggu pembangunan kampus itu rampung, maka sementara ini Pemko meminjamkan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) untuk tempat Proses Belajar Mengajar," ujar Wali Kota Deri Asta.

Kondisi pembelajaran saat ini, disampaikan Koordinator PSDKU UNP, Dr. Bambang Heriyadi, MT, proses belajar mengajar telah berlangsung 3 bulan sejak September lalu.

"Kita memiliki mahasiswa 52 orang. Ini dari 2 jurusan yaitu Teknik Pertambangan dan Teknik Otomotif Alat Berat, keduanya dengan jenjang pendidikan D 3," kata Bambang Heriyadi. 

Untuk proses pembelajaran, disebutkan  Bambang Heriyadi telah dilaksanakan secara tatap muka dengan menggunakan protokol kesehatan (Prokes).

Laporan: Ochie

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »