Elektronifikasi Kota Padang Sudah di Level Digital

BENTENGSUMBAR.CO – Kota Padang jauh lebih maju dari sebelumnya. Terutama dari sisi elektronifikasi. 

Saat ini, pembayaran secara tunai sudah mulai ditinggalkan. 

Seiring dengan perkembangan dan penggunaan sistem digital oleh hampir seluruh masyarakat Kota Padang.

Hal ini dibenarkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Wahyu Purnama belum lama ini.

Dijelaskannya, Kota Padang selalu memperluas elektronifikasi transaksi Pemko Padang. 

Salah satunya seperti aplikasi e-Payment yang diterapkan Dinas Kominfo Kota Padang dalam pembayaran retribusi menara.

“Dengan upaya tersebut, tingkat elektronifikasi Kota Padang telah berada di level digitalisasi,” katanya.

Kepala Perwakilan BI Sumbar itu menyebut, hal ini tak terlepas dari kesungguhan, semangat, serta keseriusan Pemko Padang. Terutama dalam menciptakan inovasi baru.

Berkat kerja keras Pemko Padang sehingga dapat berada di titik digitalisasi dalam elektronifikasi, sejumlah daerah menyinggahi Pemko Padang sebagai tempat untuk “belajar”.

Daerah yang datang ke Padang, melihat sejauh mana perkembangan elektronifikasi maupun perkembangan digitalisasi yang dilakukan Pemko Padang.

Seperti yang dilakukan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo dan  Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) pada awal Desember kemarin. Kedua instansi itu mengunjungi Pemko Padang untuk melihat digitalisasi yang ada.

Dalam kunjungan itu, Analis Anggaran Ahli Madya Direktorat Sstem Penganggaran DJA, Ahmad Irsan menyebut, sebenarnya sebelum datang ke Padang, dirinya mendapat informasi bahwa Kota Padang sudah berkembang pesat. 

Terutama dalam dua tahun belakangan ini. Dimana perkembangan digitalisasi Kota Padang sudah melompat jauh dari tahun-tahun sebelumnya.

“Karena itu kami ingin melihat secara langsung lompatan tinggi yang sudah dilakukan Pemko Padang, ternyata kami melihat sendiri,” ujar Ahmad Irsan.

Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy membenarkan bahwa inovasi digitalisasi memang sudah jauh-jauh hari dimatangkan serta diimplementasikan. Hasilnya dapat dirasakan pada saat ini. 

Bahkan, menurut Rudy, sejumlah daerah ingin melihat langsung hal itu.

“Semua berkat komitmen bapak Wali Kota Padang, serta kerja keras seluruh kepala OPD di Pemko Padang,” kata Rudy.

Seiring dengan itu, sudah cukup banyak daerah di Indonesia yang datang berkunjung ke Diskominfo Padang. Daerah tersebut melihat serta saling bertukar informasi. 

Bahkan Senin (20/12/2021) pagi ini, dua daerah berencana mendatangi Diskominfo Padang. Kedua daerah itu yakni Bengkulu serta Kabupaten Langkat.

Laporan: Charlie Ch. Legi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »