PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Gunung Semeru Meletus, Politikus Demokrat Semprot Menteri ESDM

          Gunung Semeru Meletus, Politikus Demokrat Semprot Menteri ESDM
Gunung Semeru Meletus, Politikus Demokrat Semprot Menteri ESDM
BENTENGSUMBAR.COM - Politikus Partai Demokrat Andi Arief semprot kinerja Menter Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, atas meletusnya Gunung Semeru.

Menurut Andi, Kementerian ESDM memberikan peringatan dini (early warning) dari erupsi gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa itu.

Sebab, kata Andi, urgensi early warning ini berkaitan dengan keselamatan warga negara Indonesia yang berada di sekitar Gunung Mahameru.

"Gunung semeru erupsi tanpa peringatan otoritas gunung api. Membahayakan warga, DPR wajib memanggil menteri ESDM dan jajarannya," tegas Andi melalui akun Twitter-nya, Sabtu (4/12).

Mantan Staf Khusus Presiden era SBY ini merasa geram dengan tidak adanya early warning saat Gunung Semeru erupsi.

Dia pun berharap pemerintah, dalam hal ini Menteri terkait, sedianya mengedepankan mitigasi dalam rangka menaksimalkan kinerjanya menyikapi potensi bencana alam.

"Gagalnya sistem bekerja? Alamat buruk mitigasi," pungkasnya.

Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Hampir semua rumah penduduk yang beredekatan dengan Gunung Semeru hancur akibat hujan abu vulkanik. (GenPI)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »