Kontroversi Ucapan Jenderal Dudung, Sekjen PBNU Bilang Begini

BENTENGSUMBAR.COM - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini mengaku sudah bertemu KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Pertemuan tersebut menyusul ucapan eks Pangkostrad itu soal jangan terlalu dalam mempelajari agama, menjadi kontroversial.

Menurut Helmy, Jenderal Dudung membicarakan substansi ucapan tersebut yang sejatinya meminta umat belajar agama dengan sosok yang ahli.

"Jenderal Dudung menjelaskan bahwa yang dimaksud ialah jangan belajar agama terlalu dalam secara sendiri tanpa bimbingan guru," ucap dia dalam keterangan pers, Senin (6/12).

PBNU, kata dia, sepakat dengan substansi ucapan Jenderal Dudung bahwa belajar agama seharusnya didampingi guru demi menghindari kesesatan.

"Belajar agama harus dibimbing oleh seorang guru agar pemahaman dan juga sanad atau transmisi keilmuan terjaga serta terhindar dari pemahaman-pemahaman yang keliru," beber pria kelahiran Jawa Barat tersebut.

Menurut Helmy, pada prinsipnya Jenderal Dudung pengin membangun spirit moderasi beragama ketika eks Pangdam Jaya itu berbicara jangan terlalu dalam mempelajari agama.

"Maka, saya rasa ini sangat baik dalam konteks berbangsa dan bernegara," ungkapnya.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini mengaku sudah bertemu KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

KSAD Jenderal Dudung sebelumnya memberikan ceramah subuh di salah satu masjid dan pada akhirnya menuai sorotan publik.

Eks Pangkostrad itu menyarankan agar tidak terlalu dalam ketika mempelajari agama.

Dudung saat berceramah juga menyinggung ada beberapa tingkatan orang beriman antara lain iman taklid (hanya mengikuti), iman ilmu, iman iyaan, dan iman haq.

Dudung kemudian menyebut banyak dari kalangan umat Islam yang terpengaruh beberapa hadis Nabi Muhammad SAW.

"Banyak sebagian dari orang Islam sering terpengaruh katanya hadis ini, katanya hadis itu, kata Nabi Muhammad SAW. Oleh karenanya jangan terlalu dalam, jangan terlalu dalam mempelajari agama," kata Dudung. (jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »