Resmikan Surau Baru Al-Ikhlas, Gubernur Sumbar Janjikan Hadiah Kepada Anak-Anak Yang Hafal Tafsir Al-quran

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi yang akrab di panggil "Buya" berjanji akan memberikan hadiah kepada anak-anak berprestasi bidang Tafsir Al-quran. Hal ini disampaikan pada saat meresmikan Surau Baru Al-Ikhlas Jorong Taluak, Nagari Taluak IV Suku, Banuhampu, Kabupaten Agam, Jum'at (3/12/2021). 

Buya Mahyeldi menyebutkan, Provinsi Sumbar mengikuti Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional tahun 2021. Bahkan Sumbar mendapat juara I kategori hafalan Tafsir Al-quran. "Saya bangga, salah satu anak kita juara I dalam perlombaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional tahun 2021 di Maluku Utara di bidang bergensi yaitu bidang Tafsir," ungkap Buya Mahyeldi.

Ia mengatakan bidang Tafsir merupakan perlombaan yang paling bergensi, sebab syarat mengikuti tafsir ini harus hafal Al-quran 30 juzs, Bahasa Arab pasif dan aktif, menguasai kitab tafsir, dan bisa menghafal ratusan hadis. "Insya Allah.. Saya berjanji apabila ada anak kita yang hafal Tafsir berasal dari Sumbar, saya berikan hadiah berupa rumah, diberi biaya sekolah di Arab Saudi (Medinah) hingga S3, kemudian akan diberikan warung untuk usaha," janji Buya.

Spontan masyarakat Taluak mengucapkan "Allahuakbar", semoga niat baik ini menjadi keberkahan bagi Buya Mahyeldi," ucap salah satu warga Taluak.

Selain itu Buya Mahyeldi juga berjanji akan memberikan gaji bulan dan ditempatkan di Masjid Raya Sumbar kepada generasi muda hafal tafsir. Dalam sambutannya Buya Mahyeldi juga mendorong para anak-anak belajar Al-quran untuk menjadi Hafidz sejak dini di Sumbar. Mahyeldi juga mengajak orang tua yang melihat anaknya memiliki potensi menjadi hafidz.

Mahyeldi mengapresiasi banyaknya penghafal Al-Quran (hafiz) muda yang mulai bermunculan di Ranah Minang. Untuk itu ia mengajak para orang tua bisa memberikan pendidikan kepada anak-anaknya sejak usia dini membaca Al-quran. "Karena Allah menjanjikan Surga kepada umat-Nya yang hafal Al-quran. Masa kita tidak bisa memberikan yang terbaik bagi anak kita menuju surga," tukasnya. 

Pada kesempatan itu, Mahyeldi terus memberikan semangat lebih kepada para hafidz dan hafidzah, agar para generasi qur'ani ini terus berprestasi dan lebih jauh dalam menghafal Al-qur'an. "Teruslah bersemangat belajar ilmu agama, bersemangatlah menjadi para hafidz dan hafidzah. Karena Surga sudah menanti," pesan Gubernur Sumbar.

Selanjutnya Gubernur Sumbar mengunting pita dan menandatangani prasasti diiringi dengan musik rebana dari majelis taklim Surau Baru Al-Ikhlas memberikan suasana islami, menandakan Surau Baru Al-Ikhlas resmi dibuka. (nov)
 
#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »