PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Pengacara: Harusnya Pelapor Ferdinand Dahulukan Syariat

          Pengacara: Harusnya Pelapor Ferdinand Dahulukan Syariat
Pengacara: Harusnya Pelapor Ferdinand Dahulukan Syariat
BENTENGSUMBAR.COM - Pengacara Ferdinand Hutahean menyesalkan kenapa cuitan kliennya itu bisa berujung pada laporan ke polisi.

Kenapa sih pelapor Ferdinand nggak menempuh mekanisme syariat Islam dahulu sebelum melaporkan pria asal Batak tersebut.

Pengacara Ferdinand meyakini, kalau mendahulukan syariat Islam urusannya nggak jadi panjang seperti ini sampai ke polisi segala.

Kenapa nggak lakukan mekanisme syariat

Kuasa hukum Ferdinand, M Zakir Rasyidin menjelaskan kenapa kliennya mengklarifikasi cuitan Allahmu lemah dan Allahku kuat maha segalanya yang membuat heboh masyarakat.

Klarifikasi itu untuk menjernihkan situasi yang sudah telanjur gaduh dan menghakiminya.

Zakir menyoal kenapa pelapor Ferdinand, Haris Pertama tidak mengklarifikasi cuitan tersebut langsung kepada mantan kader Partai Demokrat itu.

"Mestinya, awalnya pelapornya itu ketika ingin klarifikasi harusnya tetap mendahulukan mekanisme syariat, tabayyun (klarifikasi langsung), sehingga pelaporan ini tak terjadi," jelasnya dalam dialog Catatan Demokrast TV One, dikutip Rabu 12 Januari 2022.

Namun demikian, lantaran proses hukum sudah berjalan, kini tim hukum Ferdinand fokus saja sih dengan proses hukum selanjutnya setelah Ferdinand ditahan oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Penangguhan penahanan

Zakir mengatakan, kliennya tidak melawan dengan mengajukan praperadilan. Alasannya sejauh ini tahapan administrasi penyelidikan dan penyidikan sudah sesuai dengan prosedur kok. 

Termasuk penetapan tersangka sampai Ferdinand akhirnya ditahan, juga tidak ada yang salah. Semua sesuai mekanisme dan prosedur.

"Cuitan yang dipidanakan itu sudah sesuai penuhi unsur pidana. Kami tak berupaya status tersangka klien kami lepas, secara secara hukum penyidik sudah profesional," kata pengacara Ferdinand itu.

Tapi kuasa hukum Ferdinand mengupayakan penangguhan penahanan. Nah upaya ini sedang dipersiapka betul untuk bisa dikabulkan oleh penyidik.

"Kami saat ini upayakan penangguhan, itu paling pas untuk kita lakukan. Kalau praperadilan, dari sisi administrasi penyidikan belum ditemukan kelemhannya di mana, semua proses penyelidikan penyidikan objektif dilakukan," jelas Zakir.

Nah untuk alasan pengajuan penangguhan penahanan, kuasa hukum Ferdinand itu punya dua alasan yang yakin bakal dikabulkan penyidik.

"Pertama klien kami tulang punggung keluarga, sehingga itu alasan utama. Kalau dia didalam, anak istrnya bisa bermasalah ekonomi dan kelanjutan hidupnya. Untuk siapa yang jamin, kita sudah komunikasikan dengan istri beliau langsung, sedang disiapkan administrasinya," kata dia. (Hops)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »