PILIHAN REDAKSI

Tak Kunjung Ada Sekda Defenitif, Gubernur Tunjuk Kepala Biro Organisasi Sebagai Pj Sekda Padang, Begini Kata Arfian

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menunjuk Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fi...

Advertorial

Rakorbang Tingkat Kelurahan Kuranji, Irwan Basir: Bersama Kita Dorong Percepatan Pembangunan di Kota Padang

          Rakorbang Tingkat Kelurahan Kuranji, Irwan Basir: Bersama Kita Dorong Percepatan Pembangunan di Kota Padang
Rakorbang Tingkat Kelurahan Kuranji, Irwan Basir: Bersama Kita Dorong Percepatan Pembangunan di Kota Padang
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM., didampingi Camat Kuranji Eka Putra Buhari, SSTP, MPA., dan Lurah Kuranji Kasma Efendi, S.sos., menghadiri rapat koordinasi perencanaan pembangunan (Rakorbang) tingkat kelurahan tahun 2023.

Lurah Lurah Kuranji Kasma Efendi mengatakan, rencana pembangunan daerah disusun melalui rakorbang dengan pendekatan yang partisipatif dan dialogis antara masyarakat dengan pemerintah.

"Melalui rakorbang tingkat kelurahan kita dorong percepatan pembangunan di Kota Padang," katanya.

"Sesuai dengan arahan sebelumnya, ada lima usulan itu nanti akan kita urut berdasarkan skala prioritas agar nanti dapat menjadi usulan yang dibawa ke musrenbang Kota Padang," tuturnya Kasma Efendi yang dikenal Lurah Kuranji merakyat.

Sementara itu, Irwan Basir mengatakan, rakorbang ini adalah amanat dari Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan daerah untuk periode 1 (satu) tahun.

Rencana pembangunan daerah disusun melalui perencanaan pembangunan (Rakorbang) tingkat kelurahan tahun 2023, dengan pendekatan yang partisipatif dan dialogis antara masyarakat dengan pemerintah, tuturnya.

Lebih lanjut, Irwan Basir menyampaikan peran rakorbang menjadi lebih bermakna karena menjadi media utama konsultasi publik bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan kecamatan/kelurahan dengan prioritas dan sasaran pembangunan kota, mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat pada setiap tahapan. 

Usulan pembangunan tingkat RT/RW dari Kelurahan, rakorbang kecamatan, forum perangkat daerah dan rakorbang kota, serta menyepakati prioritas pembangunan dan program/kegiatan pada setiap tahapan rakorbang.

Untuk usulan pembangunan tingkat RT/RW, perangkat RT/RW melaksanakan rapat untuk menyepakati usulan rencana kegiatan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023.

"Setiap RW mengusulkan kegiatan prioritas sejumlah 5 (lima) usulan  dengan bentuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat," bebernya.

Ia menjelaskan perangkat di kelurahan melaksanakan rapat untuk menyepakati usulan rencana kegiatan prioritas RT/RW menjadi kegiatan prioritas tingkat Kelurahan. Setiap kelurahan mengusulkan kegiatan prioritas sebanyak 2 (dua) kali jumlah RW.

Usulan yang sudah disepakati untuk menjadi prioritas kecamatan dan prioritas perangkat daerah di inputkan ke dalam e-planning menggunakan username dan password kelurahan oleh petugas kelurahan.

Disinilah pentingnya tugas ketua RW dan RT dikalangan akar rumput untuk memfilter hal ini terlebih dahulu sebelum menjadi usulan dan diajukan untuk mendapatkan bantuan, ujarnya.

Terakhir, Irwan Basir juga mengharapkan kepada pihak pemerintah untuk seksama dalam membahas usulan warga ini untuk dijadikan program pembangunan pemerintah.

Ia juga mengajak untuk bersama-sama mengawal usulan warga dalam rakorbang ini untuk bisa menjadi program pemerintah untuk direalisasikan dalam bentuk pembangun sesuai harapan warga masyarakat.

Sementara itu, Camat Kuranji Eka Putra Buhari mengatakan rakorbang sangat penting selain menjadi ajang silaturahmi pemerintah dengan tokoh masyarakat, juga untuk menyatukan visi pembangunan wilayah tersebut.

Usulan pada rakorbang yang berada di 19 RW di Kelurahan Kuranji, tidak terlepas dari visi dan misi Wali Kota Padang Hendri Septa, yaitu mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul serta berdaya saing.

Puluhan usulan di kelurahan kuranji yang telah masuk dalam rakorbang (musrembang) tingkat kecamatan dan untuk Kelurahan Kuranji. Dari 5 prioritas yang diusulkan kembali  berdasarkan rapat tersebut di ambil 2 usulan yang paling prioritas yang nantinya akan di usulkan kembali ke musrenbang tingkat Kota Padang.

Usulan pembangunan di wilayahnya akan banyak diarahkan untuk membangun dan memperbaiki infrastuktur mendukung sektor pariwisata, tuturnya Eka Putra Buhari saat membuka secara resmi rakorbang Kelurahan Kuranji di Gedung Serbaguna, Belimbing, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Kamis (12/1/2022) Siang.

Sebagai salah satu destinasi wisata utama Kota Padang, kita mencoba menggali lagi potensi - potensi yang dimiliki melalui pemberdayaan masyarakat. Terutama UMKM dan kesenian tradisional guna menambah daya tarik wisatawan serta meningkatkan penghasilan warga.

Pada rakorbang kali ini beberapa usulan yang masuk telah ditampung untuk selanjutnya akan disusun berdasarkan skala prioritas. Selain itu ada juga usulan langsung dari warga yang akan dimasukkan ke dalam pokir anggota DPRD Padang dan DPRD Provinsi Sumbar. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »