PILIHAN REDAKSI

Viral! Ditilang Di Bali, Ratu Kecantikan Estonia Sebut Polisi Habiskan Uang Turis

BENTENGSUMBAR.COM - Bule di Bali kembali bikin ulah. Kali ini Miss Global Estonia 2022 Valeria Vasilieva menyebut polisi mengha...

Advertorial

Ramai Bisnis Es Doger Dapat Suntikan Rp 71 Miliar, Gibran: Kesalahannya Apa?

          Ramai Bisnis Es Doger Dapat Suntikan Rp 71 Miliar, Gibran: Kesalahannya Apa?
Ramai Bisnis Es Doger Dapat Suntikan Rp 71 Miliar, Gibran: Kesalahannya Apa?
BENTENGSUMBAR.COM - Pakar information technology (IT), Sammy Notaslimboy menyoroti bisnis es doger milik Gibran Rakabuming Raka yang mendapatkan suntikan modal dari dari venture capital Alpha JWC Ventures.

Uang yang digelontorkan Alpha JWC Ventures mencapai USD 5 juta atau sekitar Rp 71 miliar. Suntikan modal itu diberikan pada startup minuman tradisional Indonesia yang didirikan Gibran, yakni Goola.

Menanggapi hal tersebut, Gibran justru bertanya kenapa suntikan modal dari dari venture capital Alpha JWC Ventures baru dipersoalkan tahun ini. Sebab, kejadiannya sudah lebih dari 2 tahun lalu, yaitu 17 Agustus 2019.

"Itu sudah lama (2019) dapat venture capital Alpha JWC Ventures. Lah kenapa kok dipermasalahkan sekarang?" kata Gibran di Balai Kota, Senin (17/1).

Gibran menegaskan, suntikan modal dari dari venture capital Alpha JWC Ventures ini murni bisnis untuk pengembangan usaha. Ia memastikan tidak ada kaitanya dengan pemerintah.

"Itu murni bisnis. Kalau ada yang merasa ada yang salah dengan venture capital, dilaporkan saja. Kesalahan apa saya juga bingung. Ora ono salah opo-opo loh. (Tidak salah apa-apa)," kata dia.

Diakuinya, kerja sama dengan venture capital itu saat ini masih jalan semua. Ia mencontohkan usaha Mangkokku berkembang membuka cabang di sejumlah daerah termasuk Solo, juga hasil itu.

"Itu venture capital. Kayak usaha Mangkokku masih berkembang juga. Dari modal situ juga kan kita bisa buka cabang di mana-mana," pungkasnya.

Profil Goola

Startup Goola didirikan oleh Gibran Rakabuming pada 2018. Kios pertamanya dibuka pada 17 Agustus 2018, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Produk andalan Goola adalah versi modern dari minuman tradisional yang sudah populer, seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren.

Setahun berselang, Goola mendapat suntikan modal senilai USD 5 juta atau setara Rp 71 miliar. Dana tersebut berasal dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Dengan suntikan modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran saat itu menyatakan bakal merealisasikan target menjadi market leader di Indonesia dengan gerai di kota-kota besar dan kecil, serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara. (Kumparan)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »