Direktur Sarana dan Prasarana PT KAI Datang ke Sawahlunto Persiapkan Reaktifasi Kereta Api

BENTENGSUMBAR.COM - PT. KAI memulai persiapan reaktifasi kereta api di Sawahlunto dengan menurunkan jajarannya untuk melihat kondisi fisik dan membuat kajian detail dari teknis pekerjaan, pada Kamis 24 Februari 2022.

Direktur Pengelolaan Sarana PT. KAI Eko Purwanto mengatakan bahwa prioritas awal reaktifasi untuk jalur rel kereta adalah dari Stasiun Kampung Teleng menuju Stasiun Muaro Kalaban, sementara untuk ke Stasiun Silungkang akan menyusul setelah itu.

"Hari ini saya bersama Direktur Pengelolaan Prasarana PT.KAI yaitu bapak Awan Hermawan Purwadinata sesuai arahan pimpinan datang ke Sawahlunto dengan tugas membuat perencanaan yang detail/rinci dari pekerjaan mengaktifkan kembali kereta api di Sawahlunto ini," kata Eko. 

Eko menyebut, selain untuk menyiapkan jalur, stasiun dan gerbong, pihaknya dalam kunjungan kerja ke Sawahlunto itu sekaligus juga menyelidiki kendala teknis dari Lokomotif Uap E 1060 'MAK ITAM'.

"Sebagai ikon dari kereta api di Sawahlunto, 'MAK ITAM' kita targetkan untuk dihidupkan kembali sebagai lokomotif untuk menarik gerbong kereta wisata. Meskipun menimbang kondisi dan usia itu tidak reguler setiap hari, bisa kita batasi sekali atau dua kali seminggu saja. Kemaren masih ada kendala teknis, jadi sekaligus hari ini kita tinjau dan selidiki bagaimana solusi perbaikannya," ujar Eko  menjelaskan.

Sementara untuk target finishing (penyelesaian) dari pengerjaan reaktifasi kereta api di Sawahlunto itu, menurut Eko Purwanto adalah sesuai dengan target dari PMO BUMN untuk pariwisata Sumbar, yakni pada September atau Oktober nanti.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta yang menerima Direktur Sarana dan Direktur Pra Sarana PT.KAI tersebut bersama Sekretaris Daerah Dr.dr. Ambun Kadri, MKM menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran PT.KAI.

"Kami terus berkoordinasi dengan PT.KAI untuk percepatan reaktifasi kereta ini, kami di Pemkot tentu kewenangannya hanya mendukung sementara untuk teknis itu langsung teman-teman PT.KAI yang mengurus. Jadi terima kasih sebesar-besarnya, karena sudah kita lihat bagaimana respons cepat dan langsung turun ke Sawahlunto para Direktur terkait di PT.KAI," kata Wali Kota. 
(Ochi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »