PILIHAN REDAKSI

Bupati Langkat soal Warga Murtad: Tidak Benar Massal, Ini Ada yang Menggoreng!

BENTENGSUMBAR.COM - Bupati Langkat Syah Afandin buka suara soal kabar adanya warga yang murtad di Kabupaten Langkat, Sumatera U...

Advertorial

Disdikpora Kota Pariaman Adakan Workshop Peningkatan Kapasitas Guru PAUD

          Disdikpora Kota Pariaman Adakan Workshop Peningkatan Kapasitas Guru PAUD
Disdikpora Kota Pariaman Adakan Workshop Peningkatan Kapasitas Guru PAUD
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas Guru PAUD dan Tutor Kesetaraan yang bertempat di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, berlangsung 17 hingga 25 Februari 2022.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) Disdikpora Kota Pariaman Hendri Djalal yang didampingi Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan PNF Emriko, Senin (21/2) mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai upaya menyiapkan pendidik dan tenaga kependidikan yang professional serta meningkatkan kapasitas guru PAUD atau tutor kesetaraan.

“Kegiatan ini sengaja kita laksanakan agar kapasitas guru PAUD atau tutor kesetaraan semakin meningkat. Hal tersebut merupakan kunci utama dalam peningkatan kualitas peserta didik, terutama dalam penguatan karakter bangsa. Penyelenggaran pendidikan nonformal mendapat posisi yang sama dengan jalur pendidikan lainnya, “ ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kita sekarang berada dalam posisi menyambut datangnya era Society 5.0, dimana manusia dapat menyelasaikan urusan dan tugasnya dengan memanfaatkan teknologi.   Untuk itu setiap guru PAUD atau tutor kesetaraan harus berperan aktif dan mengupgrade diri melalui workshop peningkatan kapasitas baik yang dilaksanakan secara daring maupun luring.

Perubahan dalam pendidikan adalah keniscayaan, sedangkan kemajuan datang dari seberapa cepat menyikapi perubahan itu sendiri. Kedepan semua aplikasi di lingkungan Kementrian Pendidikan akan menggunakan sistem SSO (Single Sign On) atau Satu Aplikasi Untuk Semua. Sehingga guru PAUD atau tutor kesetaraan harus menguasai aplikasi-aplikasi yang menunjang dan memudahkan proses belajar mengajar seperti Google Form, Google Classroom, Google Meet, dan aplikasi Canva.

Bunda PAUD Kota Pariaman Lucyanel Arlym usai memberikan arahan mengatakan bahwa Workshop Peningkatan Kapasitas Guru PAUD dan Tutor Kesetaraan ini merupakan kegiatan yang sangat penting demi kemajuan Guru PAUD dan Tutor Kesetaraan di Kota Pariaman.

“Setiap guru PAUD dan tutor kesetaraan harus melek IT. Jangan sampai tertinggal oleh peserta didik. Untuk itu diharapkan melalui kegiatan workshop ini dapat menambah kapasitas dan kapabilitas Guru PAUD dan tutor kesetaraan dalam memberikan proses belajar mengajar nantinya. Dengan demikian tidak ada kata sudah terlalu tua untuk belajar IT,” ungkapnya.

Workshop peningkatan kapasitas guru PAUD dan tutor kesetaraan diikuti oleh para guru PAUD dan tutor kesetaraan se Kota Pariaman. Kegiatan ini dalam pelaksanaannya dikonsep senyaman mungkin sehingga semua peserta lebih fokus namun tetap rilex dalam mengikuti workshop.(dewi lestari/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »