PILIHAN REDAKSI

Sinyal dari PAN, Koalisi Indonesia Bersatu Usung Capres yang Figurnya Teratas di Survei

BENTENGSUMBAR.COM - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2024 siap diusung oleh Koalisi Indonesia...

Advertorial

Elektabilitas Anies Teratas di SMRC, Sosiolog: Rakyat Sudah Cerdas

          Elektabilitas Anies Teratas di SMRC, Sosiolog: Rakyat Sudah Cerdas
Elektabilitas Anies Teratas di SMRC, Sosiolog: Rakyat Sudah Cerdas
BENTENGSUMBAR.COM – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis survei terbaru terkait elektabilitas bursa capres 2024. 

Dari survei itu, nama Anies Baswedan di urutas pertama mengungguli nama lainnya seperti Prabowo Subianto hingga Ganjar Pranowo.

Dilansir dari Viva.co.id, hasil survei itu pun ditanggapi sosiolog yang juga pendukung Anies Baswedan, Musni Umar. 

Dia menyampaikan komentarnya melalui cuitan di Twitternya dengan menyertakan unggahan salah satu artikel berita soal elektabilitas Anies tertatas versi survei SMRC.

Kata Musni, survei SMRC sebagai gambaran rakyat yang sudah cerdas.

Dia menyinggung selama memimpin DKI, Anies kerap dijelekkan dengan isu negatif seperti gubernur tidak bisa kerja hingga pembohong.

"Hasil survei ini mrpkn gambaran rakyat sdh cerdas. Tdk ada hari tanpa Anies dijelekkan. Isu negatif macam2 ditujukan ke Anies. Tdk bisa kerja, pembohong, Gubernur bodoh," tulis Musni dikutip pada Rabu, 16 Februari 2022.

Dia menekankan fakta hasil survei saat ini menyampaikan posisi Anies berada tiga besar. 

"Faktanya semua hsl survei Anies 3 bsr skrng teratas. Rakyat ingin perubahan," tambah Musni dalam cuitan itu.

Cuitan Musni itu dikomentari netizen. Ada yang mendukung dan menyindirnya. 

Ada netizen yang menghardik Musni dengan menampilkan meme Novel Bamukmin yang siap jadi cawapres untuk Anies di Pilpres 2024.

Lalu, ada juga netizen yang menggunggah kartun Anies tengah menyetir truk bertulis 'Terima Jasa Sedot APBD'. 

Sebelumnya, SMRC merilis survei terbarunya terkait elektabilitas figur yang digadang-gadang maju dalam Pilpres 2024. Temuan survei SMRC bahwa elektabilitas Anies Baswedan ada di posisi teratas.

Dalam survei itu, responden merupakan warga Jawa Barat atau Jabar. Alasan SMRC memilih Jabar karena provinsi yang punya jumlah pemilih terbanyak yaitu sekitar 18 persen dari total populasi pemilih nasional. 

Dengan pemilih besar, Jabar dianggap punya peran signifikan untuk menentukan peta politik nasional.

Survei SMRC dilakukan melalui telepon dengan melibatkan 801 responden. Sampel responden dipilih secara acak dari populasi warga Jabar yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Dalam survei, responden diajukan pertanyaan semi terbuka yaitu siapa yang dipilih jika Pilpres digelar sekarang, responden banyak yang menjawab Anies Baswedan Sebanyak 17 persen responden memilih Anies dalam survei yang dilakukan 5-8 Februari 2022. 

Di posisi kedua ada nama Ketua Umum Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 16,8 persen. 

Lalu, urutan tiga ada Gubernur Jabar Ridwan Kamil 16,5 dengan persen. Nah, posisi empat ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 14,9 persen. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »