Ruang Rapat Kantor Kemenag Pasbar Jadi Pusat Informasi Pengungsian Gempa

BENTENGSUMBAR.COM - Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, jadi tempat pengungsian bagi warga Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat, korban gempa Jumat, 25 Februari 2022 lalu. Ruang rapat kantor dijadikan pusat layanan dan informasi bagi warga setempat.

Hari Jumat malam lalu, tepatnya hari pertama sebanyak 200 jiwa warga yang berbatasan dengan Nagari Aur Kuning di Kecamatan Pasaman, Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, memimpin rapat persiapan bagi warga instansi yang dipimpinnya menerima dan membarikan pelayanan maksimal kepada warga Kajai.

“Alhamdulillah, mulai hari Jumat siang itu rapat perdana persiapan dan bentuk layanan yang diberikan warga Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat terhadap 200 jiwa pengungsi asal Nagari Kajai berjalan maksimal. seiring hal itu, dukungan dan kerjasama segenap warga kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, sangat diharapkan,” katanya.

Sesuai aturan tanggap darurat dan berlaku di setiap institusi, seperti di Kabupaten Pasaman Barat, tambah Muhammad Nur, warga Nagari Kajai, akan memanfaatkan komplek Kantor Kementerian Agama di kabupaten paling utara dari Sumatera Barat tempat mengungsi. Setiap harinya, ada warga kantornya menyiapkan dirinya menjadi juru masak, untuk memenuhi kebutuhan setiap pengungsi.

Kasubbag Tata Usaha, Sufrinas, seiring dijadikannya pelataran parkir Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, sebagai salah satu posko pengungsian korban bencana gemba di daerah ini.

Berbagai pihak dan institusi yang ada, termasuk warga Kementerian Agama di tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) dan madrasah negeri, menyalurkan bantuannya.

Diuraikan Sufrinas, secara bergantian kepala madrasah negeri dan pengurus organisasi internal di tubuh Kementerian Agama Pasaman Barat, seperti Assosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI), Pokjaluh (Kelompok Kerja Penyuluh Agama), dan sebagainya, menyarahan bantuan kepada tim di poska. Bantuan dimaksud, bukan hanya berupa indomie, baju layak pakai, tapi bahan masak. (gmz/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »