20 Finalis Duta GenRe Kota Pariaman Ikuti Pembekalan

BENTENGSUMBAR.COM - Setelah melalui beberapa seleksi dan tahapan dalam pemilihan Duta Genre Kota Pariaman Tahun 2022 beberapa waktu lalu, akhirnya terpilih 20 orang finalis Duta GeRre (GENerasi beREncana) Kota Pariaman Tahun 2022. 

Peserta yang lulus, selanjutnya mengikuti tahapan pembekalan yang dilaksanakan di ruang pertemuan SKB Rawang Kota Pariaman, Kamis (10/3).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman Gusniyeti Zaunit usai pembukaan pembekalan finalis Duta GenRe Kota Pariaman Tahun 2022 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan DP3AKB yang selanjutnya pemenang akan mewakili Kota Pariaman ketingkat provinsi.

“Sebanyak 20 orang finalis Duta GenRe Kota Pariaman Tahun 2022 mengikuti karantina. Sebanyak 10 pasang finalis ini merupakan peserta terbaik dari 60 orang peserta yang mengikuti audisi. Prinsipnya semua peserta yang mengukuti audisi mempunyai kepribadian yang baik, namun  tetap harus memilih 20 orang finalis yang lanjut pada saat ini, “ ungkapnya.

Karantina terhadap 20 finalis Duta GenRe  dilakukan selama  dua  hari,  10 hingga 12 Maret 2022. Selama karantina, finalis akan dibekali dengan berbagai pengetahuan, mulai memperkenalkan apa itu Genre, bagaimana berorganisasi yang baik dan public speaking.

“Selama karantina,   pembekalan pengetahuan tentang membangun organisasi yang baik dan bermanfaat, apa itu stunting dan bagaimana mengatasi stanting, bahaya narskoba dan minuman keras. Juga diberikan pengetahuan tentang kesehatan produksi dan HIV AIDS serta memperdalam ilmu tentang adat istiadat minangkabau. Ini bertujuan agar para pemenang Duta GenRe nantinya mampu berbaur dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait kegiatan dari mereka sendiri, “ tambahnya.

GenRe (GENerasi beREncana) adalah program yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan kelompok sasaran program, yaitu remaja yang berusia 10-24 tahun tapi belum menikah. 

Sementara tugas utama dari Duta GenRe adalah menanamkan terlebih dahulu pada diri masing-masing makna dari menjadi remaja yang sehat, remaja yang hebat, berprestasi dan juga berakhlak mulia serta menjadi teladan mulai dari sendiri untuk kemudian seumur hidup mejadi inspirasi.

“Final Duta GenRe   pada Sabtu (12/3/2022) malam. Diharapkan nantinya Duta GenRe mampu mensosialisasikan pengetahuan yang mereka dapatkan ketengah masyarakat umumnya dan sesama mereka khususnya. Karena potensi penyumbang terbesar melahirkan anak stanting dimulai dari remaja. Jadi GenRe ini sudah mampu mempersiapkan masa depannya untuk menekan angka stanting dari tahun ketahun, “ harapanya. (dl/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »