Harlah NU di Palembang, PWNU Sumbar Berangkatkan 75 Orang Rombongan

BENTENGSUMBAR.COM - Peringatan hari lahir Nahdlatul Ulama (NU) ke-99 (kalender Hijriah) untuk Wilayah Indonesia Barat yang diselenggarakan di Palembang selama tiga hari (3-5 Maret) bakal diisi dengan rangkaian halaqah, perubahan iklim dan dekarbonisasi hingga halaqah tentang reforma agraria. Dari Pengurus Wilayah NU Sumatera Barat mengirimkan sebanyak 75 utusan.

Demikian diungkapkan Wakil Sekretaris PWNU Sumatera Barat Yulhendri, Selasa (1/3/2022) di kantor PWNU Sumbar jalan Ciliwung Padang Baru Padang. 

Menurut Yulhendri yang sekaligus pimpinan rombongan PWNU Sumbar ke Harlah NU di Palembang menyebutkan,  halaqah perubahan ikilim akan menjadi forum kajian dalam upaya mitigasi untuk meminimalisir dampak besar dari perubahan iklim. 

Peserta rangkaian kegiatan Harlah tersebut adalah perwakilan dari PWNU dan PCNU se-Pulau Sumatera, perwakilan UMKM, dan perwakilan petani sawit.

Dikatakan Yulhendri, rombongan PWNU dan PCNU se-Sumatera Barat yang berangkat Rabu (2/3) pagi di Padang, siap mengikuti rangkaian acara Harlah NU. 

Masing-masing cabang diminta untuk menyiapkan program kerja yang akan ditindaklanjuti dalam serangkaian kegiatan tersebut. 

Sesuai dengan arahan PBNU, kata Yulhendri,  dampak perubahan iklim akan semakin parah dan akan semakin sulit diatasi. 

Maka, sangat penting bagi PBNU dalam harlah kali ini menggelar halaqah sebagai mini riset dalam menghadapi perubahan iklim sekaligus percontohan bagaimana optimalisasi pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan perbaikan pengelolaan lahan sawit dalam rangka untuk pengendalian perubahan iklim

Siaran pers Ketua PBNU Alissa Wahid menyebutkan, selain halaqah tentang perubahan iklim, dalam rangkaian Harlah NU ke-99 di Palembang juga akan digelar halaqah tentang mekanisme pengusulan peremajaan kelapa sawit rakyat. 

Kemudian digelar juga halaqah tentang reforma agrarian dan perhutanan sosial, serta halaqah tentang pengembangan ekosistem perkebunan sawit rakyat berkelanjutan.

Rangkaian harlah tersebut, yang bakal hadir sebagai pembicara diantaranya Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Linkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, Dirut PLN Darmawan Prasodjo, dan Dirut PTPN III M Abdul Gani. 

Rangkaian puncak harlah NU wilayah Indonesia Bagian Barat yang berlangsung Jumat (4/3) akan diawali dengan pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW, sambutan selamat datang dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, sambutan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Khutbah Maulidiyah oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, dan pengarahan Presiden yang akan disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

PBNU ingin melakukan langkah konkret dengan menjadikan momentum harlah sebagai pijakan awal untuk melakukan pendampingan-pendampingan dan edukasi kepada rakyat serta mendekatkan dari sisi akses kepada pengambil kebijakan, katanya.  (AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »