Jelang Ramadan 1443 H, Zulhardi Z. Latif: Festival Qasidah Rebana Ini Untuk Semarakkan Syiar Islam

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi oleh Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z. Latif menyambut baik dan memberikan apresiasi atas digelarnya Festival Qasidah Rebana Tahun 2022 yang dipusatkan di pelataran parkir Masjid Agung Nurul Iman. 

Seperti diketahui, event keagamaan antar Majelis Taklim serta TPA/TPQ se-Kota Padang tersebut bertemakan "Sumarak Manyambuik Ramadan 1443 Hijriah" yang  diselenggarakan oleh Padang TV berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemko) melalui Bagian Kesra selama pada tanggal 13 sampai dengan 17 Maret 2022.

Kegiatan tersebut juga ikut didukung melalui dana pokok pokiran (pokir) dari Anggota DPRD Kota Padang Zulhardi Z. Latif yang juga selaku Pembina Tim Iqor Qasidah Rebana Kota Padang.

"Alhamdulillah Festival Qasidah Rebana ini patut kita apresiasi dan kita ingin menjadi ikon Kota Padang dalam setiap menyambut bulan suci Ramadan. Insya Allah kegiatan ini akan terus kita adakan setiap mau masuk bulan Ramadan atau pun di luar Ramadan," ungkap Wali Kota Padang tersebut sembari membuka festival.

Wali Kota religius itu juga menyampaikan pentingnya melestarikan dan mewariskan seni musik qasidah rebana dari generasi ke generasi sampai kapanpun.

"Semoga dengan festival qasidah rebana ini warga Kota Padang akan terhibur dan menyukai seni musik Islami tersebut. Semoga qasidah rebana selalu kita sukai dan juga kita masukkan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan dan juga kegiatan lainnya seperti 'baralek', syukuran dan lainnya," harap Wako bersemangat.

Salah satu putra terbaik Kuranji Zulhardi Z. Latif menyebutkan, tujuan digelarnya Festival Qasidah Rebana ini yaitu untuk menyemarakkan syiar Islam khususnya melalui seni musik qasidah rebana di Kota Padang.

"Festival ini bukan untuk mencari pemenang tetapi pembinaan. Jadi kita menginginkan bagaimana setiap majelis taklim di Kota Padang punya tim qasidah rebana.

Dan melalui festival ini kita tentu berharap bisa menjadi wadah agar para ibu-ibu kita yang tergabung dalam majelis taklim dan jamaah masjid/musala semakin termotivasi untuk rajin berlatih qasidah rebana.

Minimal setiap ada acara yang dilangsungkan di masjid/musala mereka bisa tampil melantunkan seni musik tersebut," sebutnya.

Zulhardi pun menilai qasidah rebana juga tidak kalah dengan seni musik lainnya. 

"Apalagi dengan syair lagunya yang memiliki pesan dakwah juga dapat menyentuh kalbu dan sekaligus mengajak kita senantiasa hidup di jalan kebaikan. Kita terhibur ibadah juga dapat," cetusnya pria yang akrab disapa Buya tersebut.

Dalam kesempatan itu juga terlihat hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kabag Kesra Fuji Astomi serta Kabag Prokopim Amrizal Rengganis. Juga terlihat GM Padang TV Rita Gusveniza dan unsur terkait lainnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »