PILIHAN REDAKSI

Demo di Gladag Solo, Massa Tuntut Jokowi Turun

BENTENGSUMBAR.COM - Seratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Indonesia menggelar aksi demonstrasi di Bundaran Gladag...

Advertorial

Serukan Umat Tolak Logo Halal Pemerintah, Haikal Hassan: Biarkan Kami Bebas Memilih Dong

          Serukan Umat Tolak Logo Halal Pemerintah, Haikal Hassan: Biarkan Kami Bebas Memilih Dong
Serukan Umat Tolak Logo Halal Pemerintah, Haikal Hassan: Biarkan Kami Bebas Memilih Dong
BENTENGSUMBAR.COM – Sebuah video yang memperlihatkan pendakwah Haikal Hassan menegaskan bahwa umat Islam di Tanah Air menolak logo halal yang dikeluarkan oleh pemerintah, viral di media sosial.

Video Haikal Hassan tegaskan umat tolak logo halal pemerintah itu viral usai diunggah pengguna Twitter Bambangmulyono2, seperti dilihat pada Senin 14 Maret 2022.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menilai pernyataan Haikal Hassan dalam video tersebut merupakan bentuk perlawanan terhadap pemerintah.

“Dimulai dari sini perlawanan terhadap pemerintah, terutama kementerian agama RI…. Per maret udah tidak ada lagi perpanjangan sertifikasi halal dari MUI,” cuit netizen Bambangmulyono2.

Dilihat dari video itu, tampak Haikal Hassan awalnya meminta maaf ke pemerintah lantaran tak bisa mengikuti logo halal yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag).

“Halo pemerintah, maaf banget kita gak bisa ngikuti label halal Kemenag, karena setahu saya Kemenag itu kan ngurusi banyak agama. Jadi saya bingung nih, halal dalam agama apa nih,” ujar Haikal Hassan.

Ia pun menegaskan, bahwa dirinya beserta umat lebih memilih mengikuti logo halal yang ditetapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Jadi mohon maaf ye sekali lagi, yang saya ikutin dan kita umat ikutin logo halal yang ditetapkan oleh MUI,” ucapnya.

Hal itu, menurut Haikal, lantaran penetapan logo halal tersebut bukanlah urusan pemerintah melainkan ranah MUI yang berdiri berdasarkan musyawarah alim ulama dari seluruh Indonesia.

“Kenape? Karena itu ranahnya MUI. Jadi MUI buat apa emang berdiri? Itukan dari pertemuan, musyawarah alim ulama, cendekiawan dari seluruh tanah air 26 provinsi zaman dulu ye,” tuturnya.

Maka dari itu, Haikal Hassan dengan tegas menolak mengikuti logo halal dari pemerintah. Ia juga menyebut bahwa umat Islam memiliki kebebasan untuk memilih terkait hal itu.

“Jadi udah terima kasih aja deh ke pemerintah sudah peduli dengan logo halal. Tapi, biarkan kami bebas memilih dong, dan umat bebas memilih,” ujarnya.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »