Tanggap Bencana Pasaman, Wagub Audy Tinjau Posko di Tiga Titik Lokasi Gempa

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, didampingi Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, Sekertaris Daerah Pasaman Barat, Hendra Putra, dan Kepala Dinas PUPR, Era Sukma, meninjau langsung tiga titik lokasi pengungsian gempa di Pasaman, yaitu Nagari Malampah, Nagari Kajai, dan Lubuak Sariak, Sabtu (5/3/2022). 

Di halaman Posko gempa, Wagub Audy memberikan pendampingan dan sosialisasi kepada beberapa kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal akibat gempa yang berkekuatan 6,2 SR pada Jumat silam. 

"Bertahap pak, kami akan mendata semua kerugian yang dialami para pengungsi baik itu di Pasaman Barat dan Pasaman Timur, Insya Allah kedepan kami  bangun kembali rumah-rumah, tempat ibadah, dan sekolah yang rusak karena gempa," ucap Wagub Audy kepada salah satu kepala keluarga yang mengungsi di Posko Kecamatan Tigo Nagari. 

"Kami tidak meninggalkan begitu saja Pak, segera kami akan bangun bertahap. Saat ini yang terpenting bapak dan keluarga bisa makan dan tidur dengan nyenyak di posko yang telah disediakan," lanjutnya. 

Menurut laporan dari pihak BPBD Provinsi Sumatra Barat tengah melakukan validasi data klasifikasi tingkat kerusakan rumah akibat gempa, data tersebut akan menjadi dasar ganti rugi rumah warga yang rusak akibat gempa. 

Disamping itu, Wagub berharap kepada Dinas PUPR Prov Sumbar agar segera cepat mendata rumah warga yang rusak, agar ganti rugi cepat terealisasikan. 

Selanjutnya, Wagub juga meninjau kondisi posko di Lubuak Sariak, menurut laporan dari ketua pengungsian Lubuak Sariak, Elwa Masri, kondisi di posko saat ini sangat memprihatinkan. Aliran listrik lumpuh, sehingga menyulitkan para warga pengungsian. 

"Adapun hanya listrik seadanya saja Pak, kami menggunakan genset, atau memakai aliran listrik dari mushalla dan rumah warga yang ada," ujar Elwa kepada Wagub Audy. 

Mendengar hal tersebut Audy langsung menginstruksikan kepada Kepala Dinas PUPR, Era Sukma, untuk segera mengirimkan bantuan listrik ke seluruh posko. 

"Siap pak, Besok kami langsung mengirimkan genset ke lokasi, serta beberapa bantuan yang lain akan segera kami kirimkan," ucap Sukma.

Selain meninjau ke beberapa posko di tiga lokasi tersebut, Wagub Audy juga memberikan bantuan berupa makanan berupa rendang, minyak goreng, gula pasir, pakaian, selimut, dan mainan anak-anak untuk para korban gempa.(rzy/MMC)

#Dinas Kominfotik Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »