PILIHAN REDAKSI

Anggota DPRD Sumbar Dukung Perda Penyiaran

BENTENGSUMBAR.COM - KPID Provinsi Sumatera Barat dalam menjalankan tugas dan fungsinya mencoba melakukan inovasi dengan menggag...

Advertorial

Peringatan HKB, Wabup Padang Pariaman Ingatkan Tangguh Hadapi Bencana

          Peringatan HKB, Wabup Padang Pariaman Ingatkan Tangguh Hadapi Bencana
Peringatan HKB, Wabup Padang Pariaman Ingatkan Tangguh Hadapi Bencana.
BENTENGSUMBAR.COM – Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang membuka  Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Bencana Tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 di Hall IKK Kawasan Parit Malintang, Selasa (26/04).

Rakor merupakan rangkaian dari peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2022. Sebelumnya, Rakor Kesiapsiagaan Bencana diawali dengan apel siaga gelar pasukan dan pemeriksaan peralatan serta simulasi gempa bumi dan evakuasi gedung akibat gempa bumi berkekuatan besar.

Rahmang menyampaikan sejumlah arahan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai salah satu pilar utama penanganan bencana di daerah. 

Menurutnya, penanggulangan bencana harus dilakukan secara terpadu dan sistematik guna mewujudkan Padang Pariaman tangguh terhadap bencana.

Hal tersebut merujuk pada arahan Presiden RI Joko Widodo pada saat Rakornas Penanggulangan Bencana 2022 bahwa diperlukan pembangunan sistem edukasi kebencanaan berkelanjutan di daerah rawan bencana dan budaya sadar bencana harus dimulai sejak dini mulai dari tingkat individu, keluarga, komunitas, sekolah, dan selanjutnya lingkungan masyarakat.

“Kita harus mewujudkan Padang Pariaman tangguh bencana mengingat daerah kita merupakan daerah yang rawan mengalami bencana dengan tema Siap Untuk Selamat,” ungkapnya.

Rahmang berpesan kepada BPBD dan instansi terkait lainnya untuk selalu giat melakukan mitigasi bencana dengan terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Karena bencana yang terjadi merupakan tanggung jawab semua pihak agar meminimalisir adanya kerusakan dan korban jiwa.

“Latih masyarakat untuk tanggap terhadap bencana, latihan setiap saat, lakukan sosialisasi dan simulasi. Karena Padang Pariaman tangguh bencana harus diwujudkan oleh semua pihak,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar penanggulangan kebencanaan oleh Wakil Bupati Padang Pariaman, Kalaksa BPBD Padang Pariaman, Dandim 0308 Pariaman, kapolres Padang Pariaman, dan Kapolres Pariaman.

Rakor turut dihadiri oleh Staf Ahli, Asisten, Sekwan, Inspektur, Kepala Badan, Dinas, dan Bagian di Lingkungan Pemerintah Daerah Padang Pariaman, Kepala BMKG Padang Panjang, Camat dan Wali Nagari Se-Kabupaten Padang Pariaman, dan Anggota Satgas Penanggulangan Bencana Kabupaten padang Pariaman. Disamping itu, Kegiatan ini turut melibatkan TNI-POLRI, PMI, BMKG, Dinas Kesehatan, PSC 119, dan Satpol-PP Damkar. (IKP/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »