PILIHAN REDAKSI

Aneh! Lin Che Wei Bukan Pejabat Kemendag tapi Jadi ‘Penentu’ Rekomendasi Ekspor CPO

BENTENGSUMBAR.COM - Peran Lin Che Wei dalam kasus dugaan korupsi ekspor CPO (Crude Palm Oil) lagi-lagi bikin publik tercengang....

Advertorial

Peringati Hari Kartini, Echo Green Tingkatkan Kapasitas Kelompok Perempuan Tani

          Peringati Hari Kartini, Echo Green Tingkatkan Kapasitas Kelompok Perempuan Tani
Peringati Hari Kartini, Echo Green Tingkatkan Kapasitas Kelompok Perempuan Tani
BENTENGSUMBAR.COM - Untuk meningkatkan praktek pertanian yang ramah lingkungan, Konsil LSM Indonesia melalui Program Echo Green kembali memberikan peningkatan kapasitas kepada Kelompok Perempuan Tani "Harmonis" Nagari Padang Toboh Ulakan, pada Kamis (14/4) lalu. 

Dalam hal ini, kelompok diberikan pengetahuan, terkait praktek pembuatan kompos dan praktek pembibitan di lokasi demplot Nagari Padang Toboh Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang Pariaman.

Kepada media, melalui sambungan telepon, Sub. Distric Koordinator Program Echo Green Lusi Angraini mengatakan praktek pembuatan kompos, dilakukan dengan pemanfaatan alat dan bahan yang ada di lingkungan sekitar (kotoran hewan, sekam padi, sekam kayu, air kelapa dan batang pisang yang tidak dipakai lagi) yang kemudian dilakukan fermentasi. Untuk hasil dari kompos ini, nantinya bisa digunakan anggota kelompok di lahan lokasi demplot.

"Selain pengomposan, kelompok juga membuat pembibitan tanaman cabe merah, cabe rawit dan tomat. Bibit ini tidak dibeli, namun dibawa oleh peserta dari rumah masing-masing dari cabe mereka yg mulai kering. Disini echo green mengajarkan untuk media tanam pembibitan, dengan menggunakan daun kelapa. Hal ini untuk mengurangi pemakaian plastik dan sejenisnya," jelas Lusi.

Dikatakan, hasil pembibitan ini akan ditanam di lokasi demplot dan sisanya akan ditanam di pekarangan rumah anggota masing-masing. Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah tentang Ketahanan Pangan sekaligus memperingati Hari Kartini  dan peringatan Hari Bumi setiap tanggal 22 April.

"Kita berharap, melalui kelompok perempuan tani ini, praktek-praktek pertanian yang ramah lingkungan dan ketahanan pangan bisa meningkat. Dengan momentum hari Kartini dan hari Bumi, semakin banyak perempuan-perempuan hebat yang mempraktekkan pertanian yang ramah lingkungan, ramah perempuan dan peduli akan bumi," tutupnya.

Kegiatan ini, dihadiri  Wali Nagari Padang Toboh Ulakan Bakhri beserta perangkatnya, Babinsa Koramil 07 Pauh Kambar Serda Darta Hendra dan Bhabinkamtibmas Nagari, seluruh anggota kelompok perempuan tani Harmonis serta Tim dari Echo Green. (AS/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »