Bang Yos Ungkit Potensi Ancaman Cina, Eks Ketua PSI: Sangat Rasis dan Memecah Bela Persatuan

BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso (Bang Yos) soal ancaman Cina menjadi perhatian publik.

Bang Yos panjang lebar berbicara mengenai ancaman Cina dan Tenaga Kerja Asing Cina yang mana intinya adalah kekhawatiran akan bertambahnya jumlah mereka ke tanah air.

Mengenai hal ini, Grace Natalie, eks ketua umum Partai Solidaritas Indonesia angkat bicara.

Grace menyangkan apa yang diungkapkan oleh Bang Yos. Menurutnya, dengan latar belakang intelijen, Bang Yos buat pernyataan rasis.

“Saya menyayangkan seseorang sekaliber Bang Yos yang memiliki karir panjang di militer dan pemerintahan serta pernah dipercaya Presiden Jokowi sebagai Kepala BIN bisa membuat pernyataan yang begitu rasis, tendensius, dan berlawanan dengan realita dan juga data,” ujar Grace dikutip dari YouTube Cokro TV, Jumat (27/5/22).

Menurut Grace, apa yang disampaikan oleh Bang Yos tidak bisa dibenarkan dan berpotensi memecah belah bangsa.

“Pernyataan Bang Yos sangat rasis dan berpotensi memecah belah persatuan bangsa,” lanjut Grace.

Grace juga menyinggung soal jumlah TKA yang Bang Yos sebut bisa makin banyak dengan skenario yang ada.

Menurut Grace, isu ini sudahlah “lagu lama” yang terus-terusan diangkat. Jumlah TKA menurutnya dengan mengutip Kementerian Tenaga Kerja tidaklah terlalu banyak.

“Jadi kecil banget jumlahnya tidak sampai 1 persen. Jumlah TKA China lebih kecil dari jumlah buruh migran Indonesia di RRC yang jumlahnya 80 ribu orang,” ujar Grace.

Sumber: Fajar.co.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »