Buya Sudirman Syair Rais Syuriah, Buya Nur Akmal Ketua PCNU Limapuluh Kota

BENTENGSUMBAR.COM - Konferensi Cabang (Konfercab) ke-IX NU Kabupaten Lima Puluh Kota berhasil menetapkan Buya Sudirman Syair menjadi Rais Syuriah dan Buya Nur Akmal sebagai Ketua Tanfdziyah PCNU Kabupaten Limapuluh Kota masa khidmat 2022-2027.

Keduanya terpilih pada Konfercab ke-IX NU Kabupaten Lima Puluh Kota, Ahad (15/5/2022) di Pondok Pesantren Ma’arif Assa’diyah, Kabupaten Limapuluh Kota yang dibuka Ketua PWNU Sumatera Barat Prof. Ganefri.

Rais Syuriah terpilih melalui ahlul halliwal ‘aqli (AHWA). Masing-masing Majelis Wakil Cabang (MWC) NU kecamatan mengusulkan  lima nama ulama. Lima nama tertinggi menjadi AHWA bermusyawarah memilih Rais Syuriah. 

Kelima AHWA masing-masing Buya Sudirman Syair, Syekh Mulyadi, Syahrul Isman, Akmul DS dan Nur Akmal. Kelima AHWA sepakat menetapkan Sudirman Syair sebagai Rais Syuriah.

Sedangkan pada pemilihan Ketua Tanfidziyah, empat bakal calon masing-masing Nur Akmal meraih 5 suara, Tommy 1 suara, Wizri Yasir 2 suara dan Memen Efendi 2 suara. Syarat minimal sebagai calon ketua harus mendapatkan 2 suara. 

Sehingga bakal calon yang memenuhi syarat dukungan suara masing-masing Nur Akmal, Wizri Yasir dan Memen Effendi.

Pimpinan Sidang Armaidi Tanjung saat verifikasi administrasi calon ketua, hanya satu orang yang memenuhi yakni Nur Akmal. Setelah mendapatkan persetujuan dari Rais Syuriah terpilih, Buya Sudirman Syair, Nur Akmal secara aklamasi ditetapkan sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Limapuluh Kota masa khidmat 2022-2027.

Nur Akmal usai ditetapkan sebagai ketua, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diamanahkan pengurus MWCNU di Limapuluh Kota. 

“Dengan kebersamaan ke depan mari kita gerakkan dan bangun NU di Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga NU semakin memberikan manfaat bagi umat dalam mengatasi berbagai masalah keumatan di tengah masyarakat,” kata Nur Akmal yang sebelumnya menjabat Katib PCNU Limapuluh Kota. 

Penyusunan kepengurusan PCNU Limapuluh Kota selanjutnya diamanahkan kepada Tim Formatur yang terdiri dari Rais Syuriah terpilih Sudirman Syair sebagai ketua, Ketua Tanfidziyah terpilih Nur Akmal sebagai sekretaris, perwakilan MWCNU Armen, perwakilan PCNU demisioner Syahrul Isman dan perwakilan PWNU Sumbar Armaidi Tanjung, masing-masing sebagai anggota.

Pada pembukaan Konfercab, Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Limapuluh Kota masa khidmat 2017-2022 Syahrul Isman mengharapkan Konfercab ini berjalan dalam suasana kekeluargaan. 

"Semoga Konfercab ini berjalan lancar dalam suasana silaturahim untuk kemajuan NU di Limapuluh Kota dimasa yang akan datang," tutur Syahrul Isman.

Dikatakan Syahrul Isman, NU selalu ada dalam pemerintahan dan akan selalu mendukung siapa pun presidennya, gubernurnya, bupati dan walikotanya.

Selagi itu sesuai dengan konstitusi negara serta amanat UUD, maka NU tetap memberikan dukungannya.

“Karena itu,  jika  Bupati Limapuluh Kota memiliki  program-program yang bisa disinergikan, NU siap  bekerjasama untuk menyukseskan program tersebut,” kata Syahrul Isman. (AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »