PILIHAN REDAKSI

Menristek dan Menkeu Beri Pengahargaan dan Dana Abadi untuk UNAND

BENTENGSUMBAR.COM - UNAND raih penghargaan lagi diberikaan pada pembuktian komitmen mengakselerasi kualitas pendidikan tinggi, ...

Advertorial

Rizal Ramli: Pasca Jokowi, Wibawa dan Pengaruh Internasional Indonesia akan Meningkat

          Rizal Ramli: Pasca Jokowi, Wibawa dan Pengaruh Internasional Indonesia akan Meningkat
Rizal Ramli: Pasca Jokowi, Wibawa dan Pengaruh Internasional Indonesia akan Meningkat
BENTENGSUMBAR.COM - Posisi Indonesia di mata dunia bakal berubah 360 derajat apabila Presiden Joko Widodo tidak lagi memimpin.

Begitu pandangan mantan Menko Ekuin era Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli, yang disampaikan melalui akun Facebook pribadinya, Selasa (17/5).

"Pasca Jokowi, wibawa dan pengaruh internasional Indonesia akan meningkat," ujar Rizal Ramli.

Mantan Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) ini memprediksi, sosok yang akan memimpin Indonesia setelah Jokowi akan memiliki kapasitas lebih mendudukan Indonesia di tingkat global.

"Pemimpin pasca Jokowi lebih mengerti geopolitik, diplomasi international dan teguh dalam prinsip bebas-aktif dan berjuang untuk perdamaian dunia," tuturnya.

Di samping itu, Rizal Ramli juga optimis terhadap pemimpin yang akan menggantikan Jokowi bakal megembalikan posisi Indonesia di kawasan ASEAN.

"Indonesia pasca Jokowi akan sangat berpengaruh dan dihormati di ASEAN 10, diperhitungkan di Asia, dan jadi salah satu pemimpin penting Gerakan Non-Blok dengan memperjuangkan aspirasi perlunya tatanan dunia baru yg lebih adil dan manusiawi," demikian Rizal Ramli.

Tidak hanya itu, Rizal membeberkan, setidaknya pasca Jokowi tidak lagi memimpin Indonesia, maka masalah sosial hingga ekonomi yang meradangi negeri ini juga akan hilang.

Pemilik akronim RR ini setidaknya melihat 6 masalah pokok yang terkait sosial dan ekonomi yang selama Jokowi memimpin tak kunjung selesai alih-alih semakin parah.

Mantan Kepala Perusahaan Umum Bada Urusan Logistik (Perum Bulog) ini menjabarkan, ada 4 dari 6 masalah pokok yang melanda Indonesia.

Hal ini terkait dengan persoalan sosial di masayarakat yang dia prediksi bisa selesai jika Jokowi tak lagi menjabat.

"Karena satu, islamphobia berbayar akan dihapuskan. Dua, penegakkan hukum anti KKN akan lebih tegas. Tiga, harga kebutuhan pokok akan diturunkan seperti minyak goreng, listrik, LPG agar di kantong rakyat ada uang. Empat, pemilu jujur adil," bebernya.

Sementara dua masalah pokok lainnya, disebutkan Rizal Ramli, adalah terkait dengan urusan ekonomi.

"Ekonomi Rakyat pasti akan lebih baik pasca Jokowi: pertama kredit UKM ditingkatkan dari 18 persen kredit nasional jadi 30 persen, sehingga lapangan kerja akan naik," paparnya.

"Kedua, cicilan utang akan dikurangi dari Rp 770 trilliun menjadi setengahnya. Penghematan cicilan untuk Internet gratis dan lain-lain," tandas Rizal Ramli.

Sumber: RMOL
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »