Ustadz Firanda Sebut Sunan Kalijaga Wali Setan: Badan Penuh Lumut, Tidak Makan dan Shalat Tiba-tiba Jadi Wali

BENTENGSUMBAR.COM - Viral sebuah potongan video menunjukkan seorang Ustadz Firanda melontarkan hinaan pada salah seorang Walisongo, yaitu Sunan Kalijaga.

Ustadz Firanda menyebut proses tirakat Sunan Kalijaga hingga mencapai derajat sebagai Wali Allah sangat tidak masuk akal.

Bahkan Ustadz Firanda menyebut cara tirakat Sunan Kalijaga dinilai tak ubahnya seperti caranya setan.

Potongan video ini diunggah kanal youtube Daftar Baca, dengan judul ‘KHR Syarif Rahmat Tidak Terima, Ustadz Firanda Menghina Sunan Kalijaga.’

Dalam unggahan, mulanya Ustadz Firanda bercerita tentang legenda bagaimana Sunan Kalijaga bisa menjadi seorang wali.

Hal ini diceritakan Ustadz Firanda lantaran cerita yang melegenda di tengah-tengah masyarakat adalah Sunan Kalijaga diangkat derajatnya menjadi Wali lantaran bertapa di pinggir sungai selama bertahun-tahun lamanya.

Ustadz Firanda mengaku sulit percaya bilamana Sunan Kalijaga hanya dengan bertapa di kali kemudian diangkat jadi Wali.

“Sunan Kalijaga bagaimana dia jadi wali? dia pergi ke pinggir kali (sungai) kemudian dia bertapa,” ujar Ustadz Firanda menjelaskan, dikutip Hops.Id dari terkini, Sabtu, 14 Mei 2022.

Apalagi sampai tidak tidak makan dan tidak minum, bahkan menubaikan ibadah sama sekali seperti shalat.

“Bertama sampai badannya penuh dengan lumut, kemudian dia tidak shalat tidak makan, kemudian dia tiba-tiba jadi wali,” ujar Ustadz Firanda melanjutkan cerita.

Ustadz Firanda tidak mempercayai cara memperoleh derajat Wali layaknya kisah Sunan Kalijaga. Ia bahkan meragukan cara itu.

Karena itu, Ustadz Firanda menilai cara yang dilakukan Sunan Kalijaga seungguhnya Cuma caranya setan dan pentingnya mengedepankan cara-cara seperti dalam tuntun agama.

“Kalau begitu cara jadi wali, itu wali setan!,” ujar Ustadz Firanda.

Pernyataan Ustadz Firanda dalam potongan video itu kemudian mendapat komentar beragam dari public.

Justru dalam kolom komentar ada banyak tanggapan kecaman pada pernyataan Ustadz Firanda. Akibatnya, banyak public menyayangkan dengan pernyataan Ustadz Firanda.

Sumber: HopsID

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »