PILIHAN REDAKSI

Desakan agar Holywings Tutup Permanen Menguat, Hotman Paris: 2.850 Karyawan Beragama Islam

BENTENGSUMBAR.COM - Pengacara kondang dan salah satu investor Holywings, Hotman Paris Hutapea, mengingatkan adanya 3.000 karyaw...

Advertorial

Wako Pariaman: Bidan Ujung Tombak Pembangunan Kesehatan

          Wako Pariaman: Bidan Ujung Tombak Pembangunan Kesehatan
Wako Pariaman: Bidan Ujung Tombak Pembangunan Kesehatan
BENTENGSUMBAR.COM - Bidan adalah ujung tombak pembangunan kesehatan di Kota Pariaman. Ini karena menyangkut kinerja dalam mengurangi angka kematian ibu, angka kematian bayi dan penurunan angka stunting.

Hal tersebut disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar  menghadiri silaturahmi Halal Bi Halal Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Kota Pariaman di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (25/5/2022).

Genius Umar menyebutkan ada tiga  Indikator Kinerja Utama (IKU) Pemko Pariaman yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Pariaman. Tiga IKU tersebut yakni angka kematian ibu, angka kematian bayi dan penurunan angka stunting.

“Tiga IKU tersebut menjadi indek kinerja dari Pemko Pariaman dan ujung tombaknya adalah bidan desa. Maka dari itu, bidan harus memiliki motivasi yang tinggi untuk bekerja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Genius Unar menjelaskan  angka stunting Kota Pariaman tahun 2021 berada 20,3 persen. Saya menargetkan di tahun 2024 angka stunting menjadi 0 persen.

“Untuk mencapai hal tersebut, semuanya harus bekerja terutama bidan desa agar penurunan angka stunting dapat tercapai. Keberhasilan pembangunan kesehatan secara daerah maupun secara nasional ada ditangan bidan desa,” ulasnya.

Genius Umar juga menambahkan untuk permasalahan yang ada terutama sarana prasarana yakni Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) atau bangunan yang tidak baik, saya suruh data dari Dinas Kesehatan untuk segera lakukan perbaikan apakah melalui dana dari Pemerintah Kota Pariaman atau juga dengan dana desa.

“Saya yakin kerjasama semua pihak baik dari desa, kepala puskesmas dan Dinas Kesehatan dan juga Pemko Pariaman khususnya Bappeda dan BPKPD, kita bisa memperbaki Poskesdes yang ada di Kota Pariaman. Mudah-mudahan dalam waktu cepat permasalahan Poskesdes tersebut akan segera diperbaiki,” tutupnya.(rika/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »