Bahaya! Novel Bela Anies Ingin Bubarkan KPK Soal Korupsi Formula E, Pengamat: 'New Oligarki Baswedan'

BENTENGSUMBAR.COM - Dugaan kasus korupsi Formula E masih hangat diperbincangkan. Terlebih adanya statemet Novel Baswedan yang ingin membubarkan KPK, disebut-sebut sebagai penghalang penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E.

Dir. Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto menyebut, pembagian peran keluarga sangat terlihat antara Novel Baswedan dan Anies Baswedan dalam dugaan korupsi Formula E. Ia pun menyebut hal ini sebagai new oligarki Baswedan.

"Pembagian peran keluarga ternyata terlihat nyata dari posisi Anies Baswedan dan Novel Baswedan. Kalau dalam istilah kritik aktivis saat ini adalah "oligarki" yang ditujukan kepada kelompok, keluarga atau sedikit orang yang memiliki peranan penting terkait kebijakan atau permainan politik," kata Hari, dilansir dari Poskota.co.id, Kamis (16/6/2022).

Hari pun mengatakan, pembagian peran baik langsung maupun tidak langsung hanyalah publik yang bisa menilai.

"Pembagian peran terlihat langsung maupun tidak langsung bagi publik yang mencerna," imbuhnya.

Hari menjelaskan, ketika lembaga antirasuah saat ini sedang melakukan penyelidikan Formula E Jakarta, Novel Cs mengeluarkan statement untuk "Bubarkan KPK".

Dan menurutnya, diisinilah letak yang dinamakan "New Oligarki" muncul karena Anies pernah berhutang budi pada Novel saat masih berada di KPK.

"Tentunya dua bersaudara menjadi Oligarki baru yang selama ini sudah dilakoni oleh mereka. Pertama, dugaan korupsi pameran buku frankrut saat itu Anies menjadi Mendikbud dilaporkan ke KPK dan posisi Novel masih didalam KPK sehingga diduga kasus tersebut menguap," ungkapnya.

"Kedua, KPK RI saat ini sedang menyelidiki Formula E Jakarta dimana Anies saat ini menjadi Gubernur DKI dan Novel saat ini menjadi ASN di Mabes Polri namun karena sakit hati dan dendam gagal TWK menjerit bubarkan KPK," tambahnya membeberkan. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »