PILIHAN REDAKSI

KPU Sumbar Lakukan Sosialisasi Persiapan Pemilu 2024, Adiak: Jangan Ragu, KPU Pasti Jujur

BENTENGSUMBAR.COM - Kordinator Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Izwaryani atau kerap d...

Advertorial

Tandatangani Komitmen Bersama Pengelolaan Arsip Dinamis, Bupati: Tingkatkan Komitmen Pengelolaan Arsip

          Tandatangani Komitmen Bersama Pengelolaan Arsip Dinamis, Bupati: Tingkatkan Komitmen Pengelolaan Arsip
Tandatangani Komitmen Bersama Pengelolaan Arsip Dinamis, Bupati: Tingkatkan Komitmen Pengelolaan Arsip
BENTENGSUMBAR.COM – Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi Wakil Bupati Rahmang membuka kegiatan pembinaan pengelolaan arsip dinamis bagi pengelola arsip se-Kabupaten Padang Pariaman di Hall IKK Padang Pariaman Kawasan Parit Malintang, Selasa, (07/06).

Kegiatan yang diprakasai Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman tersebut sekaligus dilakukan penandatangan Komitmen Bersama Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Padang Pariaman tentang Peduli Arsip dan Tertib Tata Kelola Kearsipan sesuai Peraturan Perundang-undangan Kearsipan.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyebutkan, penanganan administrasi dalam suatu kegiatan sudah pasti menciptakan arsip. Arsip-arsip yang tercipta harus dikelola sesuai kaidah dan aturan yang ada sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi daerah di kemudian hari.

“Maka dari itu, setiap OPD diharapkan dapat menugaskan pengelola arsip yang definitif dan berkesinambungan serta melengkapi sarana penyimpanan yang memadai,” ungkapnya.

Dengan demikian, Arsip merupakan aset daerah yang sebagian darinya wajib dilestarikan dengan menyerahkan pengelolaannya kepada LKD baik itu dalam bentuk arsip statis maupun arsip dinamis.

Merujuk pada Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang pengelolaan kearsipan, lanjut Suhatri Bur,  arsip merupakan aset bangsa yang menjadi acuan dan bahan pertangungjawaban yang harus dikelola dan diselamatkan oleh negara.

“Marilah kita semua sebagai pencipta arsip yang menggunakan uang negara, untuk terus meningkatkan kepedulian dan keseriusan serta komitmen dalam mengelola arsip-arsip sebagai bukti pertanggung jawaban kita dalam melaksanakan program dan kegiatan yang bersumber dari negara, dengan harapan semoga kita terhindar dari permasalahan hukum di kemudian hari,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman Erman, S.Sos, MM mengatakan, kegiatan pembinaan yang berlangsung selama satu hari tersebut dihadiri  seluruh Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Padang Pariaman yang akan dilanjutkan dengan penandatanganan piagam komitmen.

Penandatanganan Piagam Komitmen diawali oleh Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Wakil Bupati Rahmang, dan Sekretaris Daerah Rudy Repenaldy Rilis. Kemudian dilanjutkan Kepala OPD se-Kabupaten Padang Pariaman dan diakhiri oleh Camat se-Kabupaten Padang Pariaman serta disaksikan oleh Asisten, Staf Ahli, Inspektur, dan Sekwan. (IKP/AT).
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »