Turunkan Prevelansi Stunting, Audy Joinaldy Dikukuhkan Sebagai Bapak Asuh Sumbar

BENTENGSUMBAR.COM - Memperingati Hari Keluarga Nasional 2022 ke-29, Wakil Gubernur Audy Joinaldy dikukuhkan sebagai Bapak Asuh bagi anak stunting di Sumatera Barat, Senin (4/7/22). Pengukuhan ini merupakan langkah awal dari pelaksanaan program kemitraan BKKBN, "Bapak Asuh Stunting" sebagai platform keterlibatan pemangku kepentingan dalam mempercepat penurunan stunting di Sumatera Barat (Sumbar).

Hadir dalam peringatan Hari Keluarga Nasional, sekaligus mengukuhkan Bapak Asuh Sumbar tersebut, Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi menyampaikan peran strategis keluarga dalam menentukan arah bangsa ke depan. 

Oleh sebab itu, melalui Perda No. 17 Th 2018 tentang Penyelenggara Pembangunan Ketahanan Keluarga, menurut Buya Pemprov dapat melakukan penguatan kerjasama dengan berbagai pihak guna mempersiapkan generasi muda yang akan membangun keluarga. Salah satunya dengan program Bapak Asuh yang digalakkan dalam rangka penurunan angka prevelansi stunting di Sumatera Barat tersebut.

"Arah bangsa ini tertumpu pada bagaimana kita bisa menghadirkan keluarga yang berkualitas. Oleh sebab itu kita berikan perhatian yang serius dan sungguh-sungguh terhadap keluarga, termasuk dalam penanganan stunting," kata Buya Mahyeldi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Audy Joinaldy yang baru saja dikukuhkan sebagai Bapak Asuh, juga selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting berharap program menghimbau agar seluruh unsur pimpinan di instansi pemerintah, BUMN, BUMD, maupun swasta untuk mengikuti langkahnya menjadi Bapak Asuh. 

Wagub menjelaskan konsep Program Bapak Asuh Stunting sebetulnya cukup sederhana, Bapak Asuh diminta menyumbang mulai dari 500rb per bulan, kemudian dana yang terhimpun akan disalurkan per anak melalui Baznas Sumbar. Pemberian bantuan diberikan dalam bentuk bahan pangan bergizi, seperti beras, telur, daging dan susu, supaya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh keluarga yang beresiko.

"Niat mulia ini semoga bisa kita laksanakan bersama seluruh instansi pemerintah, masyarakat dan swasta yang ada di Sumatera Barat. Sasarannya sudah didata dengan jelas, by name by address oleh BKKBN dengan total sasaran saat ini 724 KK," jelas Wagub.

Selain itu, Menurut Wagub melalui program tersebut, disamping membantu keluarga, Bapak Asuh Stunting juga secara tidak langsung dapat membantu petani dan peternak dengan penyaluran bantuan berupa produk hasil pertanian dan peternakan tersebut. (MC Prov Sumbar)

#Dinas Kominfotik Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »