Advertorial

Daerah

250 Ribu Pengunjung Saksikan Puncak Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022

          250 Ribu Pengunjung Saksikan Puncak Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022
250 Ribu Pengunjung Saksikan Puncak Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman 2022
BENTENGSUMBAR.COM - Sebanyak 250 ribu orang pengunjung datang ke Kota Pariaman untuk menyaksikan puncak hoyak Tabuik Budaya Piaman tahun 2022 di pelataran Muaro Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Minggu (14/8).

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar pada Puncak Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman tahun 2022

Genius Umar menuturkan sudah dua tahun kita tidak melaksanakan perayaan tabuik ini karena pandemi Covid-19.

“Atas desakan masyarakat, baik masyarakat yang di ranah maupun di rantau secara khusus dari tuo tabuik dan anak tabuik pasa maupun tuo tabuik dan anak tabuik subarang serta Pemerintah Kota Pariaman untuk merayakan kembali acara tabuik ini. Tabuik Piaman 2022 sudah berlangsung selama 2 minggu, mulai dari tanggal 1 s/d 14 Agustus 2022.

Lebih lanjut, Genius Umar mengatakan bahwa dari 2 tahun yang lalu, tabuik ini hampir sama. Namun karena 2 tahun tidak melaksanakan tabuik, untuk tahun ini tamunya lebih banyak.

“Sebanyak 250 ribu pengunjung datang ke Kota Pariaman, kalau mereka belanja 200 ribu/orang, ada sekitar Rp 50 milyar uang berputar di masyarakat atau PDRB masyarakat kita,” ulasnya.

“Bayangkan kalau pemerintah yang membuat acara tersendiri, mungkin tidak seramai sekarang seperti acara tabuik ini , tetapi dengan adanya perayaan tabuik, semua orang datang ke Kota Pariaman,” imbuhnya.

Genius Umar juga menjelaskan bahwa untuk menumbuhkan pariwsata berskala nasional maupun internasional, dengan budaya tabuik ini bisa menjadi poin untuk mengundang orang datang ke Kota Pariaman dan nanti akan kita perbaiki terus manajemennya sehingga menjadi tontonan nasional maupun internasional.

“Selain itu, tabuik adalah momentum untuk dijadikan jembatan untuk mengembangkan pariwisata di Kota Pariaman dan menjadi jembatan untuk pemersatu bagi masyarakat Kota Pariaman untuk bersatu membangun Kota Pariaman yang lebih baik kedepan,” pungkasnya mengakhiri. (rika/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »