Advertorial

Daerah

Buka MTQ Mushalla Al Mutmainnah, Irwan Basir Singgung Maraknya Tawuran Pelajar di Kota Padang

          Buka MTQ Mushalla Al Mutmainnah, Irwan Basir Singgung Maraknya Tawuran Pelajar  di Kota Padang
Buka MTQ Mushalla Al Mutmainnah, Irwan Basir Singgung Maraknya Tawuran Pelajar di Kota Padang
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM membuka secara resmi pelaksanaan lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Mushalla Al-Mutmainnah (Surau Batu) Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji pada Jumat, 12/8/2022.

Dalam sambutannya, Irwan Basir sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh pengurus Mushalla Al Mutmainnah ini. Bekerjasama dengan generasi muda mengangkat kegiatan keagamaan dalam bentuk lomba baca Al-qur'an. Ini suatu kegiatan bermanfaat bagi generasi muda untuk membentengi keimanan mereka dalam memerangi pengaruh negatif yang dapat merusak masa depan generasi muda tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan lomba MTQ ini. Ini adalah kegiatan positif yang sangat bermanfaat untuk membentengi iman generasi muda. Hanya dengan kegiatan-kegiatan seperti inilah generasi muda dapat dijauhkan dari pengaruh buruk yang sekarang banyak menyerang mereka," ucap Irwan Basir.

Lebih lanjut dikatakan, lomba MTQ yang diadakan oleh panitia Mushalla Al-Mutmainnah ini nantinya akan melahirkan generasi islami yang pandai membaca Al-qur'an dan mencintai kitab suci agama kita tersebut. Jika tubuh dan jiwa mereka telah menjadikan Al-qur'an sebagai pakaian hidup sehari-hari, niscaya mereka akan terselamatkan di dunia dan di akhirat. Inilah salah satu tujuan mulia dari lomba ini yaitu menciptakan generasi Qur'ani yang menjadikan Al-qur'an sebagai pegangan hidup mereka.

"Lomba MTQ ini akan melahirkan generasi muda yang Islami dan generasi Qur'ani. Yang mencintai Al-Qur'an dan menjadikannya sebagai pedoman hidup sehari-hari. Jika Al-Qur'an sudah menjadi pegangan hidup mereka, niscaya terselamatkan generasi muda kita di dunia dan di akhirat," ujar tokoh yang juga ketua  Dekopinda Kota Padang ini.

Disamping itu, Irwan Basir juga menyinggung tentang maraknya kenakalan remaja seperti tawuran remaja atau tawuran siswa sekolah. Terjadinya perbuatan tawuran itu karena kurangnya pendidikan religius bagi anak-anak kita. 

Ada tiga faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter pendidikan anak. Pertama pendidikan didalam keluarga, pendidikan lingkungannya dan terakhir pendidikan di bangku sekolah. Dari ketiga faktor tersebut yang paling mempengaruhi bagi karakter pendidikan anak adalah pendidikan di dalam keluarganya. 

"Maraknya terjadi kenakalan remaja seperti tawuran, narkoba dan lainnya tak lain disebabkan oleh kurangnya pendidikan keagamaan di tengah-tengah keluarga atau dilingkungannya. Pendidikan di tengah keluarga sangat mempengaruhi perkembangan karakter pendidikan anaknya disamping pendidikan lingkungan tempat tinggal dan pendidikan di bangku sekolah. Jika di dalam keluarga sudah ditanamkan pendidikan yang agamis dan juga lingkungan yang religius, maka karakter anak anak akan menjadi santun dan berakhlak lebih mulia, akan dipastikan mereka terjauhkan dari pengaruh buruk yang akan merusak mental mereka," jelas Datuk yang akrab dipanggil Datuk IB ini.

Terakhir, Irwan Basir mengajak untuk menjadikan 1 Muharram sebagai momentum untuk merobah atau meperbaiki kesalahan-kesalahan atau kekurangan dimasa lalu untuk lebih baik di masa-masa akan datang. 

" Saya mengajak, mari jadikan momen 1Muharrram 1444 H ini kita meperbaiki kesalahan-kesalahan atau kekurangan dimasa lalu untuk lebih baik di masa-masa esok ini. Semarakkan selalu kegiatan-kegiatan keagamaan ini dan ajak generasi muda kita untuk kembali meramaikan masjid dan mushalla serta mempelajari Al-Qur'an agar mereka terbentengi secara iman dan taqwa demi terhindar dari pengaruh negatif yang akan merusak masa depan generasi muda kita itu," ucap Irwan Basir.

Hadir dalam kesempatan itu, Lurah Kalumbuk, Asral ketua Karang Taruna Kecamatan Kuranji Fadli Islami, Ketua LPM Kalumbuk, ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat lainnya.

Editor: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »