Catat Rekor Muri, Teh Talua Jadi Minuman Nasional

BENTENGSUMBAR.COM - Teh Talua (teh telur) merupakan minuman khas Minang. Minuman penambah stamina itu akhirnya menjadi minuman nasional. 

Teh Talua menjadi minuman nasional setelah dinobatkan Museum Rekor Indonesia (Muri) ketika digelar Lomba Membuat Teh Talua dan Marandang dalam balutan gelaran Rakernas Apeksi XV di Pantai Purus, Padang, Selasa (9/8/2022). Muri mencatat rekor superlatif membuat Teh Talua terbanyak yang dibuat oleh 95 wali kota se-Indonesia. 

"Hari ini kita mencatat rekor tersebut, uniknya yang membuat Teh Talua ini adalah para wali kota seluruh Indonesia. Ada 95 wali kota yang ikut Lomba Teh Talua, ini merupakan capaian karya dan karsa bidang seni budaya," sebut Wakil Direktur Operasional Muri, Awan Rahargo. 

Awan berharap, setelah ini Teh Talua juga mendunia. Apalagi jika disandingkan dengan Rendang yang sudah duluan mendunia.  

"Jadi nanti makan rendang sambil minum Teh Talua, jika sudah disandingkan keduanya tentu akan lebih dikenal luas," katanya. 

Rekor Teh Talua terbanyak ini merupakan catatan Muri yang ke 10.647. Bahkan sebelumnya pihaknya telah lebih duluan mencatat rekor rendang terbanyak pada tahun 2018 lalu. Dimana saat itu Pemprov Sumbar menggelar Festival Marandang yang diikuti oleh 33 provinsi. 

Penghargaan Rekor Muri Teh Talua terbanyak diserahkan langsung kepada Wali Kota Padang Hendri Septa di Pantai Purus. Ketua Apeksi Bima Arya turut menyerahkan penghargaan itu.

Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku senang mendapat penghargaan rekor Muri tersebut. Dirinya awalnya tidak menduga sama sekali akan dinobatkan oleh Muri.

"Penghargaan ini untuk seluruh warga, terimakasih kepada semua pihak," kata wali kota.(Charlie Ch. Legi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »