Pemerintah Nagari Guguak Kuranji Hilir Salurkan Benih Jagung kepada Kelompok Tani

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Nagari Guguak Kuranji Hilir Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat realisasikan Dana Desa Tahun 2022 untuk ketahanan pangan berupa bantuan benih jagung berikut obatan-obatan kepada seluruh kelompok tani yang ada di nagari.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun 2022 disebutkan dalam Pasal 5 ayat (4) huruf b bahwa penggunaan Dana Desa untuk:  Program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen).

Pada Rabu (10/08) sekitar pukul 10.00 WIB, bertempat di Kantor Wali Nagari telah dilakukan penyerahan Bantuan Benih Jagung berikut obat-obatan oleh Pemerintah Nagari yang diwakili oleh Asrizon, S.Pd.I – Kasie Kesejahteraan Rakyat kepada ketua kelompok tani – Poktan Sukma Jaya, H. Ali Akbar.

“Kami (pemerintah nagari-pen) menyiapkan dan menyalurkan benih jagung sebanyak 1 Ton benih jagung merek Pertiwi-6 berikut obat-obatan merek Turmadan kepada 12 poktan yang ada di Nagari Guguak Kuranji Hilir,” tutur Asrizon.

Selanjutnya dijelaskan bahwa, "Bantuan ini memang tidak mencukupi untuk seluruh warga, namun kami yakin masing-masing kelompok dapat menyalurkannya kepada anggota yang benar-benar membutuhkannya.”

Selain saprodi – sarana produksi pertanian berupa benih jagung dan obat-obatan, Pemerintah Nagari juga merealisasikan satu paket mesin pemipil jagung sebagai sarana dan prasarana pasca panen.

Adapun 12 poktan yang dimaksud antara lain: 1) Sukma Jaya, 2) Siguruang Sakato, 3) Mekar Mandiri, 4) KWT Taqwa Sejahtera Terampil, 5) Sepakat Jaya, 6) Makmur, 7) Aur Serumpun, 8) Pisang Serumpun, 9) GAPELTA, 10) Binuang Saiyo, 11) Bukit Jariang dan 12) Jaya.

Laporan: H. Ali Akbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »