Advertorial

Daerah

DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Ke-353, Syafrial Kani Apresiasi Capaian Pemko di Bawah Kepemimpinan Wako Hendri Septa

          DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Ke-353, Syafrial Kani Apresiasi Capaian Pemko di Bawah Kepemimpinan Wako Hendri Septa
DPRD Kota Padang Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Ke-353, Syafrial Kani Apresiasi Capaian Pemko di Bawah Kepemimpinan Wako Hendri Septa
BENTENGSUMBAR.COM - Tepat 7 Agustus 2022, Kota Padang telah memasuki usianya yang ke-353. Usia itu pun terbilang sangat matang bagi sebuah daerah.

Tak seperti biasanya, pada momentum peringatan sekaligus perayaan Hari Jadi bagi Ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tersebut, Ahad, 7 Agustus 2022, kali ini digelar dengan nuansa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. 

Hal itu dikarenakan tahun ini HUT Kota Padang bertepatan dengan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-15 yang digelar di Kota Padang selama 7-10 Agustus. 

Terlebih, kota yang berpenduduk hampir 1 Juta jiwa itu pun saat ini dinilai telah mampu keluar selangkah dari corona virus disease (Covid-19) yang lebih dari dua tahun mewabah.

Rapat paripurna istimewa tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani dengan diikuti para Wakil Ketua dan Anggota DPRD setempat itu, hadir langsung Gubernur Sumbar H. Mahyeldi.

Adapun tema yang diangkatkan pada Hari Jadi Kota Padang ke-353 tersebut adalah "Memperkokoh Sinergi dalam Pembangunan dan Bangkit dalam Keunggulan”.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengapresiasi atas pencapaian dan kemajuan pembangunan yang ada di Kota Padang termasuk kesuksesan Pemko Padang dalam meraih sejumlah prestasi selama setahun terakhir.

Terutama sekali keberhasilan meraih 8 (delapan) kali berturut-turut penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sumbar dalam urusan pengelolaan laporan keuangan daerah.

“Kita patut apresiasi pencapaian yang luar biasa tersebut. Ini telah menunjukkan pengelolaan keuangan yang dilakukan Pemko Padang di bawah kepemimpinan Wali Kota Hendri Septa berjalan dengan baik dan sesuai aturan. Begitu juga di bidang lainnya," katanya.

Selain itu, Syafrial juga menyambut baik berbagai pembangunan yang dilakukan seperti pengembangan/revitalisasi Pasar Raya Padang, Pantai Padang, Pantai Air Manis dan sejumlah objek wisata lainnya yang menjadi ikon pariwisata di Kota Padang.

"Kita di DPRD tentu berharap momen peringatan HUT ini tidak menjadi kegiatan rutin tahunan saja. Namun hendaknya sama-sama menjadi ajang evaluasi untuk peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Padang ke depan. Alhamdulillah Kota Padang saat ini menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI ke-15 yang diikuti Wali Kota se-Indonesia. Kita berharap akan banyak memberikan dampak positif bagi warga dan kota yang kita cintai ini," harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan selamat merayakan hari jadi Kota Padang kepada semua warga kota.

"Alhamdulillah, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang saya mengucapkan selamat merayakan Hari Jadi Kota Padang ke-353 bagi seluruh warga Kota Padang dimana saja berada. Semoga Kota Padang ke depan semakin lebih baik lagi dan mendapatkan berkah dari Allah SWT," imbuh Wali Kota Padang Hendri Septa.

Selanjutnya Wako Hendri Septa juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Kota Padang yang telah ikut bersama-sama mendukung kemajuan pembangunan di Kota Padang.

"Alhamdulillah, hari ini tepat sudah 353 tahun usia Kota Padang. Semua kemajuan dan berbagai prestasi pembangunan telah berhasil diraih Kota Padang sampai saat ini. Dan itu semua adalah berkat sinergi dan dukungan yang luar biasa dari seluruh unsur/pemangku kepentingan, terutama seluruh warga Kota Padang," ungkap orang nomor satu di Kota Padang tersebut.

Wako Padang itu juga menceritakan, terkait peringatan hari lahirnya Kota Padang yaitu sejatinya merupakan sebuah momentum guna mengenang kembali peristiwa heroik yang terjadi pada 7 Agustus 1669 silan. 

"Ini menjadi momen untuk mengenang sejarah peristiwa heroik yang membawa ingatan kita kembali ke 353 tahun yang lalu. Di mana saat itu pasukan Berbangso Rajo dari Pauh dan Koto Tangah dengan dukungan penuh dari masyarakatnya melakukan penyerangan ke loji atau benteng Belanda yang mengakibatkan jatuhnya korban dari kedua belah pihak."

"Peristiwa bersejarah inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari lahirnya Kota Padang melalui persetujuan DPRD Kota Padang tanggal 31 Juli 1985 dan Keputusan Wali Kota Padang 1 Agustus 1986," jelasnya mengakhiri.

Pemerintah Kota Padang memberikan penghargaan kepada tokoh masyarakat yang telah memberi sumbangsih pemikiran serta karya bagi Kota Padang. 

Penghargaan diberikan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah didampingi Wali Kota Padang Hendri Septa pada Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Padang ke-353, tadi pagi.

Terlihat hadir pada rapat paripurna istimewa tersebut Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir, Bupati/Wali Kota se-Sumbar, unsur Forkopimda, serta sejumlah mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang. 

Selain itu juga terlihat Sekda Kota Padang Andree Algamar beserta para Asisten, Kepala OPD, Camat dan Lurah serta seluruh pimpinan ormas dan stakeholder terkait di Kota Padang. Juga terlihat Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Genny Putrinda bersama Ketua DWP Kota Padang Vanny Andree Algamar. (*)

#Subaghumasdprdpadang
#Dprdkotapadang
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »