Media Asing Soroti Kalimat Presiden Jokowi Sebut Indonesia Ada di Puncak Kepemimpinan Global

BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo disoroti oleh media asing, karena memuji pertumbuhan negara Indonesia di panggung global. 

Tidak hanya itu Joko Widodo juga menegaskan kembali seruan agar negara Asia Tenggara itu menjadi "jembatan perdamaian" antara Rusia dan Ukraina. Hal tersebut seperti yang dilansirkan oleh reuters, pada hari Selasa, (16/08).

"Pada tahun 2022, kita menjadi presiden G20, sebuah forum internasional yang terdiri dari ekonomi terbesar di dunia. Tahun depan, kita akan menjadi ketua ASEAN," katanya dalam pidato kenegaraan tahunan sehari sebelum Indonesia merayakan 77 tahun kemerdekaan.

"Ini menunjukkan bahwa kita [berada di] puncak kepemimpinan global," tambah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Sebagai ketua G20 tahun ini Jokowi, demikian presiden disapa, semakin berperan aktif dalam urusan luar negeri.

Pada akhir Juni ia melakukan perjalanan ke Kyiv dan Moskow untuk bertemu dengan rekan-rekannya dari Ukraina dan Rusia, Volodymyr Zelenskiy dan Vladimir Putin, sebagai bagian dari upaya diplomatik untuk menemukan solusi damai untuk perang dan meredakan krisis pangan global. 

Dia adalah pemimpin Asia pertama yang melakukannya.Indonesia, katanya, "telah diterima sebagai jembatan diplomatik" antara kedua negara.

Dalam pidato nasional yang disiarkan televisi, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga mencatat fundamental ekonomi negara tetap kuat di tengah ekonomi global yang bergejolak, dengan inflasi sebesar 4,9% dan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,4% pada kuartal kedua tahun 2022.

Ketika pandemi mereda, jumlah kasus yang relatif rendah tahun ini memungkinkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk kembali fokus pada prioritasnya, termasuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di ekonomi terbesar di Asia Tenggara itu.

Parlemen mengesahkan undang-undang awal tahun ini tentang relokasi ibu kota negara ke Kalimantan Indonesia, landasan agenda presiden.

Jokowi, yang mengenakan pakaian tradisional dari pulau Bangka Belitung di pulau Sumatera, yang menurut sekretaris pribadinya mewakili "masa depan hijau". 

Presiden Joko Widodo terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia pada tahun 2014 dan akan menyelesaikan masa jabatan kedua dan terakhirnya pada tahun 2024.

Sumber: Koranjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »