Meriahkan Kemerdekaan Indonesia, Pemuda Sungai Andok Gelar Kegiatan Mendongeng dan Perlombaan, Dihadiri Politisi Gerindra

BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka peringati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 Tahun, persatuan pemuda-pemudi Sungai Andok kecamatan Padangpanjang Barat gelar kegiatan Dongeng untuk anak-anak dan remaja. 

Dihadiri pendogeng Sumatra Barat, Niki Martoyo, kegiatan ini berlangsung di lapangan Pemuda,Taman Bungo Sungai Andok, Rabu(17/8/22).

Nofriandi, ketua Pemuda Sungai Andok menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan rasa cinta tanah air terhadap generasi-generasi masa depan Indonesia.

"Kita ingin anak-anak Sungai Andok timbul rasa cinta tanah airnya melalui kegiatan ini. Kita munculkan dogeng sebagai bentuk merawat tradisi dan khazanah kesusastraan Indonesia, juga bentuk mengingatkan kembali kepada anak-anak arti perjuangan pahlawan kita dalam memerdekakan Indonesia melalui sastra tuturan ini," ungkapnya.

Ditambahkannya juga kegiatan ini sebagai langkah awal dari proses pemuda Sungai Andok untuk membangun karakter generasi yang akan datang. 

Kedepannya akan kembali digelar kegiatan-kegiatan dalam mewadahi anak-anak untuk menumbuhkembangkan kreativitasnya.

"InsyaAllah kita akan bangun Taman Bacaan Masyarakat di sini. Sebagai wadah untuk anak-anak kita mengembangkan potensi diri mereka. Hal ini sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap program-program pemerintahan dalam membangun budaya literasi," jelasnya.

Sejalan dengan itu, Robi selaku tokoh masyarakat setempat menuturkan bahwa kegiatan ini adalah cara pemuda Sungai Andok dalam mewujudkan kepedulian untuk merawat tradisi untuk memeriahkan Kemerdekaan Indonesia.

"Dengan diadakan kegiatan ini semoga menjadi bukti bahwa kami pemuda-pemudi Sungai Andok ikut merasakan gairah kemerdekaan negara kita. Semoga dengan kegiatan ini terpupuklah rasa Nasionalisme kami untuk berbuat bagi Nusa dan Bangsa," harapnya.

Dihadiri oleh Riza Aditya Nugraha, Anggota Komisi II DPRD Kota Padangpanjang, kegiatan yang mengusung tema "Memerdekakan Kreatifivas Generasi Muda Melalui Permainan" ini berlangsung meriah.

Berbagai jenis lomba turut mewarnai kegiatan ini, diantaranya lomba pacu karung, makan kerupuk serta lomba panjat batang pinang. 

Terlihat dari pantauan anak-anak bergitu semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, juga para orang tua yang tidak mau ketinggalan ikut terlibat dalam kegiatan tersebut.

Bagi politisi Gerindra ini, kegiatan yang digelar di Sungai Andok ini tidak semata untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia. 

Lebih dalam daripada itu adalah untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang dibentuk oleh permainan. 

Baginya Persatuan dan Kesatuan mutlak dibangun sedari dini, agar rasa kebersamaan itu tumbuh dan berkembang pada diri generasi penerus bangsa.

"Ini tidak sekedar memeriahkan hari kemerdekaan negara kita, tapi lebih dari itu adalah bagaimana kita mampu menciptakan iklim persatuan dan kesatuan diantara kita. Dengan permainan yang membutuhkan strategi dan kerjasama tim kita memahami satu hakikat kehidupan berbangsa dan bernegara bahwa kita perlu bahu membahu untuk bangkit dan maju, seperti Bangsa ini tidak akan pernah besar jika tidak ada rasa persatuan dan kesatuan yang dirajut dengan kalimat Bhineka Tunggal Ika," jelasnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »