Advertorial

Daerah

MTQ Korpri Nasional 2022 di Sumbar Resmi Diluncurkan, Disebut Jadi MTQ Terbesar Sepanjang Sejarah

          MTQ Korpri Nasional 2022 di Sumbar Resmi Diluncurkan, Disebut Jadi MTQ Terbesar Sepanjang Sejarah
MTQ Korpri Nasional 2022 di Sumbar Resmi Diluncurkan, Disebut Jadi MTQ Terbesar Sepanjang Sejarah
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, bersama Ketua Umum DPN Korpri, Zudan Arif Fakrullah, secara resmi meluncurkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-VI Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2022, dengan Sumatera Barat (Sumbar) sebagai tuan rumah, di Hotel Truntum Padang, Rabu (24/8).

MTQ Korpri yang akan dilaksanakan mulai tanggal 6 - 13 November 2022 tersebut akan melombakan 9 cabang lomba dengan 26 Kategori yang diikuti oleh kafilah/perwakilan dari Kementerian, Lembaga dan Provinsi se-Indonesia. Mengusung tema Korpri Mengaji, Korpri Berkontribusi, untuk Ibu Pertiwi Menuju Indonesia Mulia kali ini, Zudan berharap akan memicu semangat para ASN untuk mencitrakan dan mempromosikan wisata di Sumbar selama MTQ Korpri berlangsung. “Kalau bisa para ASN dikasih pulsa Rp150 ribu perbulan tapi wajib iklan sehari lima kali di medsos untuk mempromosikan atau mengiklankan wisata yang ada di sumbar,” katanya.

Zudan juga berharap pelaksanaan MTQ Korpri Nasional ke-VI perdana setelah pandemi Covid-19 ini menjadi MTQ terbesar dalam sejarah MTQ Korpri dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya Pemprov Sumbar akan menerima  sedikitnya 2.000 peserta  dan official se Tanah Air dengan  lokasi pembukaan MTQ Korpri VI  di Istana Gubernuran.

Mendukung hal tersebut gubernur Buya Mahyeldi berharap kegiatan MTQ Korpri Nasional akan berdampak dalam kehidupan sehari-hari  ASN, sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan para ASN, serta memahami nilai-nilai yang terkandung di dalam Alquran yang sesuai dengan nilai yang terkandung dalam Core Values ASN Ber-AKHLAK.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih karena Sumbar terpilih sebagai tuan rumah MTQ Korpri Nasional ke-VI kali ini, Hal tersebut sangat berdampak positif untuk sumbar dalam mengenalkan songket, batik, serta makanan tradisional di Sumbar. “Kita harapkan peserta yang datang lebih banyak dari MTQ sebelumnya, karena banyak hal yang bisa disaksikan di Sumbar, apalagi sudah dua tahun hanya dilaksanakan secara online, hal itu menimbulkan kerinduan bagi peserta MTQ Korpri,” tutur gubernur.

Gubernur menginformasikan pembukaan MTQ Nasional ini akan dilaksanakan di halaman istana gubernur. Hal tersebut dipilih gubernur semata-mata karena kehidupan birokrasi di Sumbar mendapat kemuliaan dengan adanya MTQ Nasional ini. “Hal ini sangat selaras karena masyarakat Sumbar juga menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, karena hal tersebut sesuai dengan falsafah Minangkabau yaitu Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,” ujar gubernur.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri melaporkan, lokasi perlombaan MTQ VI Korpri Nasional kali ini akan dilaksanakan di delapan tempat di Kota Padang, yaitu Istana Gubernur, Masjid Raya Sumbar, Masjid Al-Hakim, Aula UIN Imam Bonjol, Aula Dinas Kebudayaan, Laboratorium Komputer BKD, Aula Kantor Dinaskertrans, dan Aula SMAN 1 Kota Padang.

Adapun cabang lomba yang diselenggarakan untuk pria dan wanita adalah Tartil Al-Qur’an, Tilawah Al-Qur’an, Hafiz (Hafalan) Al-Qur’an, Dakwah Al-Qur’an, Khatham Al-Qur’an,
Lomba Penulisan Artikel Al-Qur’an, dan Lomba Do’a. Sedangkan cabang lomba untuk pria meliputi Lomba Adzan dan Lomba Khutbah Jum’at. (Via/MMC)

#Diskominfotik Sumbar.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »