Advertorial

Daerah

Pembenahan Administrasi dan Pelaporan Keuangan Pada Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X oleh Dosen PNP

          Pembenahan Administrasi dan Pelaporan Keuangan Pada Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X oleh Dosen PNP
Pembenahan Administrasi dan Pelaporan Keuangan Pada Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X oleh Dosen PNP
BENTENGSUMBAR.COM - Kelompok Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang – KPM PNP yang terdiri dari Zahara, SE., M.Ak., Ak., CA dan Dr. Eka Siskawati, SE., M.Sc., Ak., CA melakukan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi pada Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X dengan sekretariat di Surau Al Mukmin Kabun Dadok Jl. Tunggang, RT 03 RW 02 Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2022 dengan tema “Pembenahan Administrasi dan Pelaporan Keuangan Pada Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X”. 

Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang dikelola secara bersama dan sukarela oleh masyarakat, Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X ini tentu tidak terlepas dari berbagai permasalahan dalam pengelolaannya.

Permasalahan utama oleh Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X yang mungkin merupakan permasalahan klasik utama kegiatan organisasi sosial adalah terkait pendanaan untuk kegiatan organisasi dan pengelolaan administrasi kegiatan serta pelaporan keuangannya. 

Sampai saat ini pengelola Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X masih mengumpulkan dana dari para donatur secara manual, baik yang diberikan oleh orang tua santri yang ingin berdonasi secara langsung kepada pengelola ataupun dengan cara mendatangi/menjemput ke rumah-rumah donatur yang ingin menyalurkan bantuannya untuk Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X ini. 

Karena bantuan dari donatur bersifat sukarela dan tidak tetap, maka jumlah penerimaan dana setiap bulannya juga bervariasi sehingga seringkali tidak mencukupi untuk menutupi biaya bulanan Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X ini terutama untuk pembayaran honor guru dan biaya adminstrasi lainnya. 

Permasalahan pendanaan ini merupakan permasalahan utama Rumah Disamping itu pemenahan terhadap administrasi dan pelaporan keuangan Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X juga akan dibantu perbaikannya agar semua kegiatannya dapat terdokumentasi dengan baik dan pengelolaan keuangannya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik dan akuntabel yang nantinya akan membantu kepercayaan donatur untuk menyalurkan dananya ke Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X ini.

Kontribusi utama yang paling mendasar bagi Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X adalah terciptanya administrasi dan dokumentasi kegiatan dengan baik dan pelaporan keuangan yang akuntabel dan transparan. 

Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan calon donatur untuk menyalurkan dananya ke Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X.

Peningkatan calon donatur yang lebih luas dan dari berbagai kalangan diharapkan akan dapat meningkatkan perolehan dana untuk membantu operasional Rumah Tahfidz Nurul Ilmi X.  

Pada akhir kegiatan ini, kelompok PKM PNP memberikan kepada pengurus Rumah Tahfid Nurul Ilmi X 6 mushaf al-quran. Pengurus mengucapkan terimakasih atas materi yang telah diberikan. Dengan pemahaman tentang Pembenahan Administrasi dana donatur ini, pengurus berkeinginan untuk secepatnya menerapkan pengelolaan dana donasi Rumah Tahfid Nurul Ilmi X.

Dibuat oleh : Dr. Eka Siskawati, SE., M.Sc., Ak., CA 
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »