Advertorial

Daerah

Pengamat Soroti Anjloknya Elektabilitas NasDem Akibat Dukung Anies Baswedan

          Pengamat Soroti Anjloknya Elektabilitas NasDem Akibat Dukung Anies Baswedan
Pengamat Soroti Anjloknya Elektabilitas NasDem Akibat Dukung Anies Baswedan
BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga Survei Center for Political Communication Studies (CPCS) merekam hasil elektabilitas Partai NasDem yang menurun akibat mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk Pemilu 2024 mendatang. 

Pengamat Politik Citra Institute, Efriza menilai hal itu perlu menjadi catatan bagi partai yang dikomandoi oleh Surya Paloh itu. 

"Ini perlu diseriusi menjadi bahan evaluasi bagi Nasdem. Sebab, Anies direpresentasikan sebagai hasil rekomendasi dari struktural Nasdem, hanya saja titik  evaluasinya adalah suara struktural apa juga menunjukkan suara konstituen keseluruhan dari Nasdem secara keseluruhan daerah-daerah," kata Efriza ketika dihubungi oleh AKURAT.CO, pada Sabtu (6/8/2022). 

"Konstituen yang dilihat adalah maknanya diperluas adalah pemilih Nasdem, juga anggota Internal partai Nasdem," sambung dia. 

Efriza juga menyoroti perihal ideologi Nasdem yang dianggap partai nasionalis tetapi malah dianggap anomali, tak konsisten. 

Sebab mendukung figur calon presiden yang lebih senang mengidentitaskan dirinya sebagai figur dari kalangan identitas terbatas semata.

"Suka-tidak suka, harus serius dan hati-hati membaca penilaian keseluruhan masyarakat," ujar dia. 

Lebih lanjut, kata dia, Nasdem perlu mempelajari kembali, apakah jika Nasdem serius mengusung Anies akan benar-benar terjadinya lonjakan elektabilitas atau malah penurunan.

"Fenomena koalisi Gerindra-PKS Pilpres 2019 lalu bisa dipelajari menjadi bahan evaluasi, efek ekor jas tak besar didapatkan Gerindra dibandingkan PKS, malah kala itu Gerindra dianggap kehilangan identitas sebagai partai nasionalis," urainya. 

Terakhir dari sisi elektabilitas, Efriza meminta agar NasDem segera melakukan hitung-hitungan apakah jika Anies Baswedan tak lagi menjabat sebagai gubernur DKI, maka Nasdem akan menguat sisi elektabilitasnya. 

"Toh, sekarang saja, Anies masih menjabat Gubernur DKI Jakarta malah yang terjadi penurunan elektabilitas dari Nasdem," tukas dia.

Sumber: Akurat.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »