Raih 1 Emas, 3 Perak dan 10 Perunggu, Ketua DPRD Sumbar Bangga dengan Atlet Pencak Silat Sumbar

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Supardi, menyabut kepulangan 14 atlet pencak silat Sumbar yang berlaga pada kejuaraan International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 di Taman Mini Indonesia Indah (13-17/8/2022).

Pada penyambutan yang berlangsung di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kamis (18/8) Supardi mengatakan, torehan para atlet yang mewakili Sumbar pada kejuaraan silat internasional itu cukup membangaakan, pada kategori dewasa menurunkan empat pesilat, Aulia Revini berhasil mendapatkan medali emas, untuk tiga lainya perunggu.

Pada kategori remaja, Sumbar menurunkan 10 pesilat, tiga  diantaranya mendapatkan perak atas nama Zahara Putri  Chelalsea Calista dan Iqbal, untuk tujuh lainya mendapatkan perunggu. Jadi secara keseluruhan Sumbar mendapatkan satu emas, tiga perak dan 10 perunggu.

“Ada 804 atlet pencak silat dari beberapa negara bersaing pada sejumlah kelas pertandingan untuk menjadi yang terbaik. Dengan atlet kita meraih 14 medali, artinya ini sesuatu pencapaian yang bagus dan harus kita apresiasi,”katanya.

Supardi yang juga ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar mengatakan, untuk lebih meningkatkan prestasi cabang olahraga pencak silat Sumbar, memang memiliki tantangan yang tidak mudah. Pengurus harus melakukan pendataan ulang  serta melakukan rekrutmen calon atlet pada tingkat dewasa, remaja hingga pelajar. Para calon atlet yang nantinya akan direkrut, diproyeksikan bisa membela Sumbar pada sejumlah kejuaran, salah satunya PON.

Dia menyebutkan meski sumber pendanaan IPSI belum cukup kuat, pengurus berkomitmen untuk memberikan suntikan motivasi melalui berbagai penghargaan, seperti memberikan biaya pendidikan bagi atlet yang menampung  jenjang  perkuliahan hingga selesai.

“Untuk sekarang pendanaan IPSI Sumbar fokus terhadap sektor pembinaan jangka panjang menciptakan atlet yang berkualitas, namun penghargaan terhadap pesilat berprestasi juga tetap diusahakan,”katanya.    

Dia meminta, atlet silat Sumbar terus meningkat prestasi pada kompetisi daerah, nasional hingga Internasional. Buktikan bahwa Ranah Minang merupakan gudang pesilat-pesilat handal. 

Ketua DPRD Sumbar Supardi saat menyambut para atlet didampingi Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumbar Dedi Diantolani serta jajaran pengurus IPSI Sumbar salah satunya Ismunandi Syofyan. 

Sementara pelatih kepala Kontingen IPSI Sumbar pada kompetisi Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022 Hendri mengatakan, ajang ini diikuti 804 pesilat dari berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Jepang hingga Vietnam, ini merupakan agenda tahunan PB-IPSI yang diselenggarakan untuk peringatan hari Kemerdekaan Indonesia.

"Ratusan pesilat yang ambil bagian dari kompetisi ini merupakan atlet profesional, meski demikian kontingen IPSI Sumbar tetap bisa mendulang medali,"katanya.

Dia mengatakan selama kompetisi berlangsung, seluruh atlet dalam kondisi bagus dan sehat, kepedulian Ketua IPSI Sumbar yang telah memfasilitasi akomodasi kontingen seperti transportasi, penginapan, uang saku hingga bonus pantas diapresiasi. 

"Diharapkan program-program Ketua dalam memotivasi atlet bisa terealisasikan dengan optimal,"katanya.
Berikut nama-nama pesilat yang mewakili Sumbar International Pencak Silat Indonesia Open Championship 2022, pada kategori dewasa ada empat orang yaitu Yuni Utari, Aulia Revni, Roby Adwarman dan Fauzan, Pada kategori Remaja Zahara Putri,Chealsea Calista, Fadila Putri, Bunga Sri Rahayu, Ciko, Aisyi, Zahara Fadli, Iqbal ,Nabel, M Wahid Azmi. Adapun pelatih yang mendampingi Atlet bertanding adalah Hendri dan Atrimon. 

Editor: Novrianto Ucoxs

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »