Advertorial

Daerah

Riza Falepi: Kota Payakumbuh Akan Terus Cetak Atlet Berprestasi

          Riza Falepi: Kota Payakumbuh Akan Terus Cetak Atlet Berprestasi
Riza Falepi: Kota Payakumbuh Akan Terus Cetak Atlet Berprestasi
BENTENGSUMBAR.COM - Kesuksesan Muhammad Nabil Asyura, pemuda asal Kelurahan Subarang Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat bermain di Tim Nasional U-16 pada ajang piala AFF U-16 mendapatkan respon dari Wali Kota Riza Falepi yang mengaku sangat bangga dengan Nabil, sudahlah mewakili Sumatera Barat, Nabil sukses membuat harum nama Kota Payakumbuh dengan aksinya di lapangan hijau yang mengundang decak kagum.

"Saya mengikuti kabar bagaimana Nabil memainkan si kulit bundar dalam ajang Piala AFF U-16, hattrick ke gawang Singapura, menyumbang gol kemenangan melawan Vietnam, dan gol penalti terakhir tadi malam saat melawan Myanmar, Nabil juga menjadi top scorer, luar biasa," kata Riza kepada media, Kamis (11/8).

Berdasarkan data yang diperoleh media dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Nabil merupakan jebolan dari SSB Arafah, sekolah sebak bola di bawah binaan Pemerintah Kota Payakumbuh yang setiap tahun dianggarkan pembinaannya di dinas.

Kesuksesan Nabil diraihnya melalui tahapan yang cukup panjang. Bermain di ajang Danone regional dan tingkat nasional, hingga piala Soeratin U-15 Sumbar dan Nasional. Terakhir, saat Pelatih Timnas Bima Sakti memanggil pemain U-16 dari Sumbar melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Padang, Pemko Payakumbuh merekomendasikan Nabil melalui surat dari Disparpora.

Riza menyebut, dengan Nabil berhasil main di Timnas U-16 sudah menjadi pahlawan bagi Indonesia. Pada Senin (8/8), Riza bersama ASN Pemko Payakumbuh bandoncek membantu biaya keberangkatan orang tua Nabil untuk menonton langsung sang anak bertanding di Final.

"Saya titip salam ke Nabil. Saya juga terima kasih kepada kawan-kawan di Pemda atas bantuan kepada keluarga Nabil," tuturnya.

Giat Bangun Sarana Olahraga

Nabil adalah satu dari sekian banyak atlet yang berhasil dicetak oleh Kota Payakumbuh, ini pula lah yang menurut Riza membuatnya sebagai kepala daerah giat membangun sarana dan prasarana olahraga di Kota Randang.

Saat ini, kata Riza, geliat iven olah raga terus tampak di Kota Payakumbuh, baik iven yang digelar masyarakat, maupun yang dilaksanakan pemerintah daerah. Contohnya saja pertandingan basket di Gedung Olahraga Type B Tanjuang Pauh di tepian Batang Agam.

Iven basket ini tak hanya diikuti oleh tim basket se Sumatera Barat, namun juga dari Riau dan Jambi. Bahkan, saking tingginya animo, panitia penyelenggara harus membatasi jumlah tim yang bisa difasilitasi bertanding.

"Kita tak sanggup karena peminatnya sangat banyak, tapi dengan animo positif ini tentu membuat kita tertantang untuk bisa menggelar iven yang lebih besar agar bisa memfasilitasi semuanya," kata Riza.

Selain itu, Riza optimis dengan memfasilitasi setiap cabor untuk memiliki arena bermain dan berlatih, Kota Payakumbuh semakin mantap untuk mencetak bibit-bibit atlet yang siap bersaing di kancah nasional dan internasional.

Ada Payakumbuh Bugar di Padang Kaduduak yang memiliki lapangan futsal, voli, basket, dan trek lari. 

Di kawasan Batang Agam sudah ada GOR Type B di Tanjung Pauh yang bisa memfasilitasi 4 lapangan bulutangkis, 1 lapangan bola basket, 2 lapangan bola voli, 4 lapangan sepak takraw, dan 1 tenis lapangan. Lalu juga ada arena skatepark dan fitnees outdoor.

Kemudian, pada tahun 2021 Kota Payakumbuh telah punya lapangan sepak bola berstandar nasional di tepian Batang Agam.

Riza juga menginformasikan pada tahun 2022 ini akan dibangun arena sepatu roda di Kawasan Batang Agam dan pada tahun 2023 lapangan mini soccer untuk arena bermain sepak bola anak-anak SSB, tempat mencetak bibit atlet seperti Muhammad Nabil Asyura.

Kemudian, akan ada pembangunan stadion atau tribun lapangan Sepak Bola Tanjung Pauh.

"Kita juga bakal buat sarana olahraga Payakumbuh Bugar II di Kelurahan Talang untuk warga Payakumbuh Barat dan Latina khususnya," tambah Riza.

"Saya ingin agar ada atlet yang mampu bertanding ke PON bahkan olimpiade, sehingga nama Kota Payakumbuh semakin harum di mata dunia," pungkas politikus PKS itu. (Hermiko)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »