Terungkap! Ternyata Irjen Ferdy Sambo Darah Biru di Polri, Anak Bungsu Jenderal Polisi Jujur dan Tegas Kesayangan LB Moerdani di Masa Orde Baru

BENTENGSUMBAR.COM - Terungkapnya Irjen Ferdy Sambo menjadi otak pembunuhan Brigadir J seakan mencoreng nama baik keluarganya.

Jenderal bintang dua itu pun kini telah ditetapkan menjadi tersangka bahkan terancam hukuman mati. Mencuatnya nama Ferdy Sambo pun membuat masyarakat mengulik siapa sebenarnya Ferdy Sambo.

Mengutip berita jakarta.poskota.co.id, terungkao jika Ferdy Sambo merupakan anak dari Pieter Sambo yang merupakan seorang jenderal yang sangat dihormati.

Pieter Sambo bahkan dijuluki sebagai jenderal polisi yang jujur pada masanya.

Ayah dari Ferdy Sambo ini dikenal sebagai ahli intelejen. Jabatan terakhir Pieter Sambo adalah sebagai Kapolda Sumatera Utara pada tahun 1986.

Melansir dari YouTube Uncle Wira, sosok Mayjen Pieter Sambo adalah jenderal yang dijuluki polisi jujur pada masanya. 

Ia juga diketahui memiliki berbagai kemampuan di bidang kepolisian hingga militer. Mayjen Pieter Sambo dikenal sebagai ahli intelejen.

Ayah Ferdy Sambo tersebut tutup usia pada tahun 2015. Jenazah sang jenderal itu dimakamkan di kampung halaman, Kelurahan Buntu Barana, Kecamatan Tikala, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Jabatan terakhir mendiang Pieter Sambo adalah sebagai Kapolda Sumatera Utara pada tahun 1986.

Selain eksis di dunia kepolisian dengan jabatannya sebagai Kapolda Sumatera Utara, Mayjen Pieter Sambo juga merupakan tokoh Pramuka Nasional.

Saat bertugas sebagai Kapolda Irian Jaya (Papua), Pieter Sambo menjabat sebagai Ketua Kwarda Papua. 

Pieter Sambo memiliki cara tersendiri untuk membesarkan Pramuka di tempat tugasnya. Itulah yang membuat dirinya berbeda.

Untuk memperdalam ilmu intelijennya, LB Moerdani sebagai Panglima TNI saat itu mengirim Pieter Sambo untuk belajar intelijen di CIA Amerika Serikat.

Itulah mengapa dirinya sangat mahir berbahasa Inggris, serta lancar berbahasa Rusia.

Sumber: Poskota

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »