Advertorial

Daerah

Wako Pariaman: Peringatan HAN dan Harganas ke-29, Komitmen Lahirkan Generasi Unggul Bebas Stunting

          Wako Pariaman: Peringatan HAN dan Harganas ke-29, Komitmen Lahirkan Generasi Unggul Bebas Stunting
Wako Pariaman: Peringatan HAN dan Harganas ke-29, Komitmen Lahirkan Generasi Unggul Bebas Stunting
BENTENGSUMBAR.COM -  Pemerintah Kota Pariaman memperingati  Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tingkat Kota Pariaman tahun 2022 di The Sunset of Sunua Desa Pasir Sunur Kota Pariaman, Kamis (11/8).

Peringatan HAN dan dan Harganas kali ini menjadi komitmen bersama dalam melahirkan generasi unggul dan menekan angka stunting. Hal ini sesuai dengan temanya “Anak Terlindung, Indonesia Maju Bersama Forum Anak dan Forum Genre Kita Kroyok Stunting”.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat memberi sambutan dalam rangka Peringatan HAN dan Harganas ke-29 tingkat Kota Pariaman, yang juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Asiten I, Yaminu Rizal, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny.Lucyanel Genius, Ketua DWP Kota Pariaman, Yosneli Balad, Forkopimda dan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Genius Umar menuturkan keluarga merupakan unsur penting dalam tatanan kehidupan kita, keluarga yang harmonis dan memiliki ketahanan akan menghasilkan insan yang lebih produktif.

“Sedangkan anak adalah generasi masa depan. Karena itu, kita harus menyiapkan anak-anak ini untuk menjadi pemimpin dimasa depan. Salah satu upaya yang dilakukan, kita harus mendengarkan kebutuhan anak dan aspirasinya jangan sampai memberikan yang tidak dibutuhkannya,” ucapnya.

Sebelumnya, lanjut Genius Umar telah didengarkan suara dan aspirasi dari remaja kita bahwasanya ia meminta untuk pengembangan ekstrakurikuler di sekolah atau Pusat Informasi Kesehatan Remaja (PIKR). Ini akan kita lakukan agar anak-anak tahu apa itu kesehatan remaja sehingga tidak terjadi penyalahgunaan dan dimanfatkan oleh pihak lain.

“Selain itu, memberi perlindungan kepada seluruh remaja Kota Pariaman dari kekerasan dan pelecahan seksual, memberi penyadaran kepada masyarakat tentang sex education serta optimalisasi dan edukasi penyalahgunaan narkoba, eksploitasi anak dan kekerasan anak di sekolah. Memberikan pembinaan pengembangan potensi kreativitas, bakat dan minat serta intelektualitas yang dimiliki remaja,” terangnya.

“Kota Pariaman dibangun berbasis kreativitas dan intelektualitas remaja, seperti di Desa Pasir Sunur ini telah menjadi pusat kreativitas bagi anak-anak Kota Pariaman khususnya di Kecamatan Pariaman Selatan,” tambahnya.

Genius Umar juga menjelaskan untuk forum genre sebagai perpanjangan tangan Pemko Pariaman harus diaktifan untuk menekan angka stunting.

“Forum genre harus mengajak temannya sampai ke desa-desa bagaimana menjaga kesehatan ibu hamil dan anak agar tidak terjadi stunting. Hal ini menjadi komitmen bersama antara Pemko Pariaman dan stakeholder terkait agar menghasilkan generasi unggul dan menekan angka stunting,” tutupnya.

Dalam peringatan HAN dan Harganas, Wali Kota Pariaman, Genius Umar bersama istri didampingi Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyddin, Forkopimda dan Kepala OPD mengikuti semua rangkaian kegiatan yakni lomba kolase tingkat TK se-Kota Pariaman, lomba egrang atau engrang, lomba tangkelek panjang dan lomba gandang tambua tingkat SD dan SMP se- Kota Pariaman. (rika/AT)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »