Advertorial

Daerah

Wasev Puas TMMD ke-114 Tanah Datar, Puji Nilai Gotong Royong

          Wasev Puas TMMD ke-114 Tanah Datar, Puji Nilai Gotong Royong
Wasev Puas TMMD ke-114 Tanah Datar, Puji Nilai Gotong Royong
BENTENGSUMBAR.COM - Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-114 Tahun 2022 yang diketuai Brigjen TNI Irham Waroihan, mengunjungi lokasi pelaksanaan TMMD ke-114 di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara, hari Kamis (11/08/2022).

Brigjen TNI Irham Waroihan yang juga dari Irsus Irjenad ini disambut dan didampingi Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Purmanto, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Kasi Ter Korem 032 Wirabraja Kol (Kav) Nanang Siswoko, Kasi Intel Korem 032 WBR Kol (Inf) Mochtar Wasdi, Dandim 0307 Tanah Datar yang sekaligus Dansatgas TMMD ke-114 Letkol (CZI) Soetrisno, Forkopimda Tanah Datar, Kepala OPD dan tokoh masyarakat.

Menurut Brigjen TNI Irham Waroihan, pelaksanaan TMMD adalah bukti kecintaan TNI kepada masyarakat khususnya di daerah yang aksesnya masih terbatas. Selain itu TMMD membangkitkan potensi geografi dan demografi serta menumbuhkan rasa kemanunggalan TNI dan masyarakat dalam bentuk nilai-nilai gotong royong.

"Saya puas dengan kemajuan hasil yang dicapai dalam TMMD ke-114 di Tanah Datar ini. Selain dari volumeya tetapi juga kualitas pekerjaan yang cukup baik dan hendaknya tuntas semua sasaran sampai saat pada penutupan TMMD nanti," kata Brigjen TNI Irham Waroihan sembari ikut langsung menanam pohon mangga di Nagari Batu Bulek.

Sasaran fisik TMMD ke-114 di Nagari Batu Bulek ini adalah pembukaan jalan baru 4,1 kilometer, irigasi sepanjang 200 meter, dan tiga unit pembangunan RTLH (rumah tidak layak huni). Selain itu banyak sekali program non fisik berupa penyuluhan bela negara, pengembangan UMKM, penyuluhan hukum dan penyuluhan pencegahan stunting.

Dansatgas TMMD ke-114 Tanah Datar Letkol (CZI) Soetrisno dalam eksposnya melaporkan, capaian sasaran ada yang telah selesai 100 persen, ada pula yang masih berkisar antara 52 persen hingga 74 persen.

"Jalan baru sudah selesai 3.078 meter dari target 4.100 meter. Ini akan terus dikebut pengerjaannya sehingga tuntas pada saat penutupan nanti tanggal 24 Agustus 2022," kata Dandim 0307 Tanah Datar ini.

Letkol CZI Soetrisno mengatakan, bahwa terselenggaranya TMMD ke-114 ini berkat dukungan dari APBD Tanah Datar sebesar Rp1 miliar, bantuan Mabes TNI Rp475.500.000, bantuan material dan program dari OPD Pemprov Sumbar yang dikordinasikan oleh Dinas PMD Sumbar.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan bahwa Pemda dan masyarakat sangat antusias serta sangat mendukung pelaksanaan TMMD ke-114 di Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara ini.

"Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, dimana kita telah menganggarkan dana untuk kegiatan ini. Dan masyarakatpun, khususnya di Nagari Batu Bulek sangat antusias. Kalau tidak bisa membantu dengan dana mereka membantu dengan tenaga dengan semangat gotong royong," ujar Eka Putra. 

Begitu juga dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, tambah Bupati, walaupun tidak ada dalam anggaran APBD, namun OPD di Provinsi bersama instansi vertikal lainnya membantu sesuai dalam bentuk natura seperti bibit tanaman, bibit ikan, semen dan pelaksanaan program kegiatan dari OPD di Nagari Batu Bulek.

Kepala Dinas PMD Sumbar Amasrul, SH yang ditemui di lokasi TMMD ke-114 ini mengatakan, bahwa setiap tahun OPD Pemprov, BUMN dan BUMD selalu ikut membantu kegiatan TMMD, baik dalam bentuk materi maupun program kegiatan. Karena diyakini TMMD sangat strategis dalam membuka potensi daerah, terutama nagari yang menjadi lokasi TMMD.

"Ada yang membantu semen dan juga bibit tanaman, ada juga program kegiatan penyuluhan dan pelatihan.  Alhamdulillah kita koordinasikan untuk kesusksesan TMMD ke-114 di Tanah Datar ini," kata Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH. 

Editor: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »