Advertorial

Daerah

AHY Terbanyak Tuai Ocehan Bernada Negatif di Medsos, Kenapa?

          AHY Terbanyak Tuai Ocehan Bernada Negatif di Medsos, Kenapa?
AHY Terbanyak Tuai Ocehan Bernada Negatif di Medsos, Kenapa?
BENTENGSUMBAR.COM - Netizen kebanyakan membicarakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam nada negatif sambil mengaitkannya sebagai 'bau kencur' hingga 'anaknya pepo'.

Hal itu berdasarkan analisis media sosial yang digelar Drone Emprit pada periode 1 sampai 17 Oktober 2022.

Pendiri Drone Emprit dan Kernel Media Ismail Fahmi mengungkapkan sejumlah tokoh politik menuai popularitas tertinggi pada periode itu, baik di media sosial maupun pemberitaan media online.

Lima besar diduduki oleh mantan Gubernur DKI Anies Baswedan dengan 895.375 mentions, Gubernur Jawa Tengah Ganjar 203.671 mentions, Menteri BUMN Erick Thohir dengan 123.884 mentions, AHY 105.723 mentions, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 53.509 mentions.

"Tokoh yang banyak dibincangkan dalam nada paling negatif adalah AHY dengan 25%. Diikuti Ganjar 23%, dan Anies 17%," kata Ismail, dalam akun Twitter-nya, Senin (24/10).

Kenapa bisa negatif?

Dalam analisis emosi AHY, Drone Emprit mengungkapkan yang paling dominan adalah marah (anger) dengan 4.800 mentions.

"Hujatan haters kepada AHY yang dinilai asal bicara, tak cerdas, tak punya prestasi, dan berlindung dibawah orangtua (SBY)," demikian menurut Drone Emprit.

Peringkat kedua adalah harapan (anticipation) dari simpatisan agar AHY jadi berduet dengan Anies di Pilpres 2024 dengan 1.500 mentions; ketiga adalah kepercayaan atau trust (936).

'Tone' negatif terhadap AHY juga dilengkapi dengan asosiasi negatif lewat sejumlah kata kunci, contohnya, AHYBauKencur, DemokratKoruptor, hingga HambalangMangkrak.

Namun demikian, tetap ada asosiasi positif terhadap AHY berupa kata kunci SBYTurunGunung, Anies, Anies-AHY, prestasi, dan lainnya.

Terlepas dari itu, kata dia, "Klaster Anies dan AHY terlihat semakin lebur. Dukungan dari AHY dan kader Demokrat pada Anies terlihat sangat kuat."

Diberitakan sebelumnya, Anies, yang lebih dulu dicapreskan oleh Partai NasDem, dan AHY melakukan pertemuan di DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10). 

Kader-kader Demokrat pun menggaungkan pasangan Anies-AHY meski belum ada realisasinya.

AHY juga sempat menyindir pemerintahan Jokowi yang cuma "gunting pita" dalam hal proyek-proyek infrastruktur yang sudah diinisasi di era SBY. 

Politikus PDIP Adian Napitupulu pun memintanya tak lagi bicara, apalagi tanpa data jelas, ketimbang membuat blunder.

Dalam analisis media ini, Ismail juga mengungkap tokoh yang percakapan tentangnya bernada amat positif; Muhaimain Iskandar alias Cak Imin, Ketua Umum PKB.

"Percakapan tentang Muhaimin yang sangat positif tampaknya dibentuk oleh satu klaster khusus, dengan top influencer akun cakiminNOW," ucap dia, sambil menyebut akun resmi Cak Imin.

Namun demikian, kata dia, "Interaksi klaster ini dengan klaster2 lain sangat kurang. Dan mereka fokus bercakap secara positif tentang tokohnya."

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »