Advertorial

Daerah

Ganjar Unggul Elektabilitas Capres Tertinggi, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto Bertengger di Posisi Bawah

          Ganjar Unggul Elektabilitas Capres Tertinggi, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto Bertengger di Posisi Bawah
Ganjar Unggul Elektabilitas Capres Tertinggi, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto Bertengger di Posisi Bawah
BENTENGSUMBAR.COM – Lembaga penelitian kebijakan dan opini publik, Populi Center, menggelar survei nasional dengan tujuan mengetahui penilaian masyarakat terhadap tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan dinamika politik menjelang pemilu 2024. 

Salah satu yang disurvei yaitu terkait elektabilitas sejumlah tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam Pilpres 2024, serta kinerja beberapa tokoh berdasarkan posisinya masing-masing.

Hasilnya, dari enam tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam Pilpres, nama Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling banyak diharapkan jadi Presiden pada 2024 (27,5 persen). Disusul Anies Baswedan (26,3 persen), Prabowo Subianto (23,5 persen), Jenderal Andika Perkasa (5,3 persen), Puan Maharani (2,8 persen), dan Airlangga Hartarto (1,3 persen).

“Adapun yang belum memutuskan sebanyak 11,8 persen dan yang menolak menjawab ada 1,5 persen,” tutur peneliti Populi Center Olivia Prastiti, dalam paparan beberapa waktu lalu.

Terkait tingkat elektabilitas tiga calon presiden (capres), Ganjar Pranowo unggul dengan 29,7 persen, disusul Anies Baswedan (29,2 persen), dan Prabowo Subianto (27,6 persen). Sementara itu, sebesar 12,3 persen responden belum memutuskan calon yang akan dipilih.

“Sebesar 1,2 persen menolak menjawab,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk tingkat elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) ditanyakan dengan pertanyaan semi terbuka. 

Hasilnya, Ridwan Kamil mendapat dukungan paling tinggi dengan perolehan 17,1 persen. 

Berturut-turut setelahnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno (15,8 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (12,3 persen), Jenderal Andika Perkasa (8,3 persen), Erick Thohir (7,8 persen), dan Khofifah Indar Parawansa (7,3 persen).

“Tokoh-tokoh lainnya mendapat persentase di bawah 5 persen. Adapun sebesar 19,3 persen responden menolak menjawab pertanyaan ini,” jelas Olivia.

Sebagai informasi, survei nasional ini diselenggarakan 9-17 Oktober 2022 dengan mengambil sampel tersebar secara proporsional di 34 provinsi.

Metode pengambilan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat. 

Margin of error survei ini kurang lebihnya 2,83 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kinerja Tokoh

Jelang pergantian kepemimpinan presiden pada 2024, telah muncul sejumlah nama yang disebut-sebut potensial menjadi capres. 

Beberapa diantaranya ialah mereka yang sedang atau pernah menduduki jabatan publik.

“Dan karenanya penting untuk melihat bagaimana evaluasi masyarakat terhadap kinerja beberapa tokoh tersebut berdasarkan posisinya masing-masing,” kata Olivia.

Dari enam tokoh yang dievaluasi kinerjanya secara terpisah, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan menjadi tokoh dengan penilaian baik/positif paling tinggi (76,1 persen). 

Di urutan kedua, ada Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta (70,9 persen), dan di urutan ketiga Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah (69,1 persen).

Kemudian ada nama Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI (57,1 persen) dan Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian (44,3 persen). 

“Terakhir, Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI dengan 43,3 persen,” pungkas Olivia.

Sumber: Jawapos
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »