Advertorial

Daerah

Ini Arahan Penting Irwan Basir Dt. Rajo Alam kepada Lurah dan Ketua RW se Kuranji, Harap Disimak Baik-baik

          Ini Arahan Penting Irwan Basir Dt. Rajo Alam kepada Lurah dan Ketua RW se Kuranji, Harap Disimak Baik-baik
Ini Arahan Penting Irwan Basir Dt. Rajo Alam kepada Lurah dan Ketua RW se Kuranji, Harap Disimak Baik-baik
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua RW se-Kelurahan Kuranji mengadakan silaturahmi dengan Lurah Kuranji dan Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM pada Jumat malam, 14 Oktober 2022 bertempat di kediaman Irwan Basir di Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Lurah Kuranji Martias Ali mengatakan pertemuan silaturahmi antar Ketua RW se-Kelurahan Kuranji ini sengaja diadakan untuk berbagi informasi terkait dengan perkembangan pembangunan di Kelurahan Kuranji atau program pemerintah yang perlu disampaikan kepada masyarakat.

Kelurahan Kuranji yang berjumlah sebanyak 18 RW dan 95 RT ini dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat dari Kelurahan tentu butuh kerjasama dari seluruh Ketua RW dan RT agar informasi tersebut sampai ke tengah masyarakat. 

"Segala informasi dari Kelurahan untuk masyarakat akan disampaikan kepada Ketua RW dan Ketua RW menyampaikan kepada Ketua RT dan selanjutnya disampaikan kepada masyarakat. Atau istilahnya disampaikan secara berjenjang. Betapa banyak informasi atau program pemerintah di Kota Padang yang perlu di sosialisasikan kepada masyarakat  di Kelurahan kita dan itu tentu melalui ketua RW dan RT untuk menyampaikan kepada warganya di masing-masing RW atau RT," ucap Martias Ali. 

Ketua LPM Kota Padang Irwan Basir mengatakan pertemuan ini merupakan hal yang positif. Mengingat Kelurahan Kuranji mempunyai penduduk yang sangat padat dengan warganya yang heterogen tentu akan terdapat banyak permasalahan yang ada ditengah mereka yang perlu diketahui dan disikapi oleh pihak Kelurahan.

"Kita di Kelurahan Kuranji  dengan jumlah penduduk yang padat dan masyarakatnya yang heterogen tentu banyak pula permasalahannya. Untuk itu kerjasama dari ketua RW dan RT dalam menyampaikan informasi baik itu dari kelurahan kepada masyarakat, atau dari masyarakat kepada pihak kelurahan bisa tersampaikan dengan baik. Biar dapat diketahui apa yang dibutuhkan masyarakat atau ada permasalahan yang membutuhkan solusi dari pihak Kelurahan," ucap Irwan Basir.

Lebih lanjut disampaikan di masing-masing RW atau RT berbeda cara pendekatan dengan warga mereka. Itu disesuaikan dengan culture atau latar belakang warga. Karena di Kelurahan Kuranji, khususnya komplek Belimbing, itu seluruh suku atau RAS dari berbagai daerah ada di sana. Semuanya harus bisa diayomi oleh Ketua RW atau RT sebagai orang yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting dalam masyarakat lingkungan tersebut.

" Sebagai orang yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting Ketua RW atau RT harus bisa mengayomi seluruh warganya yang heterogen. Pendekatannya tentu berbeda antara yang masyarakat pribumi dan mereka yang datang sebagai warga di komplek itu. Jika pendekatannya benar, maka segala informasi yang akan disampaikan akan diterima baik oleh mereka," jelas tokoh yang juga Ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Selain itu Irwan Basir juga mewanti-wanti kepada Ketua RW agar tidak pilih kasih kepada masyarakat. Perlakukan seluruh masyarakat dilingkungan dengan adil dan benar. Masalah akan banyak muncul kalau ada bantuan kepada masyarakat atau masalah data. Jika ada diantara mereka yang tidak dapat bantuan  atau tidak terdata yang akan disalahkan adalah ketua RW atau RT. Tapi kalau kita sudah bekerja dengan benar, maka kita dapat mengemukakan alasannya kepada mereka.

"Saya dalam setiap kesempatan selalu mengingatkan kepada  para Ketua RW dan RT agar tidak pilih kasih kepada masyarakat. Perlakukan seluruh masyarakat dilingkungan kita dengan adil dan benar. Pasalnya, masalah akan banyak muncul kalau ada bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang akan dibagikan, atau masalah data. Jika ada diantara mereka yang tidak dapat atau tidak terdata orang pertama yang akan disalahkan adalah ketua RW atau RT. Tapi kalau kita sudah bekerja dengan benar, maka kita dapat menyangkal tuduhan itu dengan mengemukakan alasannya kepada mereka," ucap Irwan Basir lagi.

Acara ditutup dengan ramah tamah dan diskusi di kalangan sesama ketua RW. Hal ini supaya dapat mensinkronkan jika ada program dari pemerintahan kelurahan terhadap RW yang berdekatan tentu butuh kerjasama dari dua RW tersebut agar dalam pelaksanaan program tersebut tidak kendala.

Laporan: Haikal
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »